visitaaponce.com

Alec Baldwin Menyatakan Tidak Bersalah atas Pembunuhan di Rust

Alec Baldwin Menyatakan Tidak Bersalah atas Pembunuhan di
Alec Baldwin telah menyatakan tidak bersalah atas tuduhan pembunuhan terkait kematian Halyna Hutchins tahun 2021 syuting Rush(AFP)

ALEC Baldwin telah menyatakan tidak bersalah atas tuduhan pembunuhan terkait kematian seorang perempuan muda yang tewas tertembak di lokasi syuting film Western berbiaya rendah, menurut dokumen pengadilan AS.

Baldwin, produser dan bintang film itu, didakwa bulan lalu atas perannya dalam kematian Halyna Hutchins tahun 2021 selama pengambilan gambar film "Rust" di New Mexico. Dia sedang memegang Colt .45 ketika senjata itu meledak, menewaskan Hutchins dan melukai sutradara Joel Souza.

Baldwin berkali-kali membantah tanggung jawab, bersikeras tidak menarik pelatuk senjata itu, yang seharusnya tidak diisi dengan peluru sungguhan.

Baca juga : Tuduhan Pembunuhan Tidak Sengaja Alec Baldwin Dibatalkan

Insiden ini mengguncang Hollywood dan memicu seruan untuk lebih ketat dalam aturan penggunaan senjata api di lokasi syuting film.

Namun, ini juga mengakibatkan tuduhan manajemen yang buruk, dengan beberapa pihak di industri menyatakan bahwa regulasinya sudah ketat, dan hanya saja tidak diterapkan dengan baik selama pembuatan "Rust."

Pengacara Baldwin, Luke Nikas dan Alex Spiro, telah mengajukan permohonan untuk pengadilan cepat untuk "meminimalkan penghinaan dan kecurigaan publik dan menghindari bahaya membuktikan keberadaan haknya yang sering muncul setelah penundaan panjang dalam penuntutan."

Baca juga : Bunuh Aktivis Lingkungan, Anggota DPR Guatemala Divonis 12 Tahun Penjara

Baldwin seharusnya muncul secara virtual di pengadilan New Mexico pada hari Kamis untuk pembacaan dakwaan, tetapi pengacaranya mengajukan dispensasi yang juga berisi pledoi tidak bersalahnya.

Dakwaan pembunuhan yang awalnya dialamatkan kepada Baldwin pada April tahun lalu dibatalkan, karena apa yang diakui oleh jaksa sebagai "fakta baru" yang menuntut "penyelidikan lebih lanjut dan analisis forensik."

Hal ini mengarah pada pembentukan juri, yang akhirnya menetapkan dakwaan yang sekarang dihadapinya - dan dapat membuatnya dipenjara hingga 18 bulan, jika dinyatakan bersalah.

Baca juga : Penembakan Massal di Universitas Charles Praha Tewaskan 14 Orang

Baldwin dihadapkan pada dua tuduhan alternatif pembunuhan tidak disengaja - satu melibatkan "penggunaan senjata api secara tidak hati-hati" dan satu tindakan "tanpa kehati-hatian atau kewaspadaan yang memadai."

Akan menjadi keputusan juri untuk memutuskan apakah ia bersalah pada salah satunya, atau keduanya (tetapi bukan keduanya).

Tuduhan tersebut berkaitan dengan tindakan, bukan pengawasan pembuatan film, yang berarti ia dianggap bersalah sebagai seorang aktor, bukan dalam kapasitasnya sebagai produser.

Baca juga : Pengadilan Iran Perintahkan AS Bayar US$50 Miliar atas Pembunuhan Soleimani

Serikat aktor SAG-AFTRA mengkritik tuduhan tersebut, yang menurutnya didasarkan pada "penilaian yang salah tentang tugas sebenarnya seorang aktor."

"Pekerjaan seorang aktor bukanlah menjadi ahli senjata api atau senjata," kata serikat tersebut. "Senjata api disediakan untuk digunakan di lokasi syuting di bawah bimbingan beberapa profesional ahli yang langsung bertanggung jawab atas operasi senjata api tersebut dengan aman dan akurat."

Hannah Gutierrez-Reed, armorer film - orang yang bertanggung jawab atas penyediaan dan pemeliharaan senjata - dijadwalkan akan menjalani sidang pengadilan lebih lanjut dalam bulan ini atas tuduhan pembunuhan tidak disengaja dan pemalsuan bukti.

Baca juga : Penembakan di Bekasi, Polisi Dalami Senjata Nus Kei dan John Kei

Dave Halls, koordinator keamanan film dan asisten sutradara yang memberikan senjata api yang diisi peluru kepada Baldwin, setuju untuk menyelesaikan persetujuan dengan jaksa dan dijatuhi hukuman enam bulan masa percobaan.

Pembuatan film "Rust" dihentikan oleh tragedi ini, tetapi dilanjutkan tahun lalu.

Duda sineas, Matthew Hutchins, yang sudah menyelesaikan gugatan kematian keliru dengan produser "Rust," menjabat sebagai produser eksekutif pada proyek tersebut.

Baca juga : Polisi: IMS Bawa Senjata Api untuk Dipamerkan ke Bripda Ignatius

Sutradara Souza juga kembali, mengatakan saat itu bahwa menyelesaikan film tersebut akan menjadi "pahit manis" tetapi pemeran dan kru "berkomitmen untuk menyelesaikan apa yang Halyna dan saya mulai."

Baldwin tetap bebas dengan jaminan. (AFP/Z-3)

Baca juga : Polda Metro Resmi Proses Tabrakan di Cakung sebagai Pembunuhan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat