visitaaponce.com

UGM Juarai Lomba Debat Mahasiswa Jurusan Korea

UGM Juarai Lomba Debat Mahasiswa Jurusan Korea
Final Lomba Debat Mahasiswa Jurusan Korea yang diselenggarakan KCCI.(MI/Dok KCCI)

LOMBA Debat Mahasiswa Jurusan Korea ke-1 telah sukses digelar oleh Korean Cultural Center Indonesia (KCCI). Lomba debat yang diadakan ini merupakan salah satu rangkaian dari acara K-Festival 2021 dan ditujukan bagi mahasiswa jurusan Korea di empat universitas di Indonesia.

Tahapan lomba diawali dengan seleksi dokumen serta video perkenalan tim yang dilampirkan pada tahap pendaftaran. Tahap tersebut kemudian menghasilkan 8 tim yang berhak masuk ke babak penyisihan.

Diselenggarakan pada 26 Oktober, babak penyisihan berlangsung dengan mempertandingkan 8 tim, yaitu 3 tim perwakilan Universitas Pendidikan Indonesia, 2 tim perwakilan Universitas Gadjah Mada, 2 tim perwakilan Universitas Indonesia, dan 1 tim perwakilan Universitas Nasional. 

Baca juga : Keresahan Kampus Berpotensi Kikis Kepercayaan Publik terhadap Jokowi

Topik babak penyisihan adalah mengenai “Keperluan penerjemah dan interpreter di era AI (Artificial Intelligence)." 

Kompetisi debat berlangsung sangat sengit dan intens. Menggunakan metode CEDA (Cross Examination Debate Association), seluruh tim yang masing-masing terdiri dari 2 orang, mampu memaparkan argumen dan sanggahan yang sangat kritis seputar pengetahuan mereka terkait bahasa dan kebudayaan Korea. Seluruh peserta menunjukkan kesiapan baik secara isi maupun kemampuan bahasa Korea. Dari 8 tim yang bersaing pada babak penyisihan, 4 berhasil maju ke tahap semifinal.

Tahap semifinal kemudian diselenggarakan pada 29 Oktober dengan mengangkat topik berkenaan dengan "Keperluan mengikuti budaya kerja Korea di perusahaan Korea yang ada di Indonesia." Tahapan tersebut menyisakan 2 tim yang lolos ke babak final di hari yang sama untuk memperebutkan peringkat pertama. 

Baca juga : Meriahkan HUT Ke-35, Universitas BSI Gelar Sobi Fest 2023

Tahap final debat mengusung topik "Fenomena Penggunaan Bahasa Inggris pada Lirik Lagu Idola Korea, Dilihat dari Sudut Pandang K-pop".

Daesang (juara 1) pada lomba ini diraih oleh Tim Haebaragi yang terdiri dari Sindy Novi Nurjanah dan Hasna Ega Amartya dari Universitas Gadjah Mada. 

Sementara Choeususang (juara 2), dan Ususang (juara 3 dan 4) masing-masing diraih oleh Tim Mawar dari Universitas Gadjah Mada, Tim Yeolkkot dari Universitas Indonesia, dan Tim Dawon dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Baca juga : UGM Buka Tiga Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022

Seluruh tahapan lomba ini diselenggarakan secara daring dan siarkan secara langsung melalui kanal YouTube KKCI. 

Direktur KCCI Kim Yong-woon mengucapkan selamat kepada para pemenang dan memberikan apresiasi pada seluruh peserta yang telah menampilkan usahanya dengan sangat baik. (RO/OL-1)

Baca juga : Ratusan Tim Mahasiswa Berlaga di Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2021

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat