visitaaponce.com

Tempatkan Mahasiswa Magang, Fakultas Teknik UP Kerja Sama denganIndustri

Tempatkan Mahasiswa Magang, Fakultas Teknik UP Kerja Sama dengan Industri
Mahaisiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) memiliki kesempatan magang di perusahaan BUMN dan swasta untuk terapkan praktik.(Ist)

FAKULTAS Teknik Universitas Pancasila (FTUP) berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan para pelaku industri badan usaha milik negara (BUMN) dan industri swasta untuk mengaplikasi teori-teori yang terdapat di bangku kuliah.

"Lulus kuliah dan memasuki dunia kerja merupakan momentum yang membingungkan bagi mahasiswa baru lulus," kata Dekan Fakultas Teknik UP Dr Ir Budhi Muliawan Suyitno IPM dalam keterangan resminya, Jumat (15/7)

"Pola kehidupan yang berbeda dari seorang mahasiswa, menjadi job seeker dan kemudian jadi worker sungguh merupakan tahap yang tak mudah," katanya.

"Di sisi lain, biaya kuliah dan kualitas pendidikan setelah lulus seringkali jadi pertimbangan bagi calon mahasiswa," ujar Budhi.

Untuk itulah, Fakultas Teknik UP terus menggerakkan diri memfasilitasi apa yang jadi kebutuhan mahasiswanya untuk kegiatan magang, utamanya untuk program D3 Teknik Elektro dan D3 Teknik Mesin.

"Kami bekerja sama dengan pelaku industri BUMN dan swasta seperti PT KAI, PT INKA, PT Merck, PT Defa Angkasa, PT Lubana Sukses Abadi, PT Delima Tata Laksana, dan lain-lain," urai Budhi.

Dia menjelaskan program kerja sama yang dikembangkan FTUP adalah membantu menyalurkan para mahasiswa yang sudah waktunya mempraktekkan teori kuliah segera terjun ke dunia pelaku industri untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kelulusan nantinya.

"Dalam mengaplikasikan teori kuliah seringkali dikenal dengan istilah program magang atau praktik kerja," ucapnya.

Selama magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan lain-lain) maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerja sama, dan lain-lain). 

Adapun bagi pelaku industri akan mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung direkrut. Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja akan lebih paham memasuki dunia kerja dan karier mereka. 

"Melalui kegiatan ini, simbiosis mutualisme akan tercapai. Mahasiswa memiliki masa depan yang diharapkan dan instansi memeperoleh tenaga kerja yang diharapkan pula," kata Budhi.

Selain program dukungan FTUP dalam mengaplikasikan teori kuliah, FTUP juga memberikan dukungan kemudahan biaya kuliah.

"Bagi orang tua dan calon mahasiswa bisa mengunjungi website http://pmbonline.univpancasila.ac.id/ untuk mengetahui lebih jauh kemudahan biaya kuliah tersebut," imbuhnya. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat