visitaaponce.com

Ini Jurus Polri Antisipasi Kemacetan Selama Puncak Arus Mudik Lebaran

Ini Jurus Polri Antisipasi Kemacetan Selama Puncak Arus Mudik Lebaran
Sejumlah kendaraan antre di gerbang Bandar Kedungmulyo Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jombang, Jawa Timur saat mudik Lebaran 2022.(ANTARA/Syaiful Arief)

POLRI memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 terjadi pada 19 April hingga 21 April 2023. Korps Bhayangkara sudah membuat skema mengantisipasi kemacetan.

"Petugas akan memberlakukan sistem one way (satu arah)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu (2/4).

Sandi mengatakan sistem itu diterapkan mulai 18 April 2023 mulai kilometer (Km) 72 tol Cipali hingga Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

Baca juga: Ini Tips Agar Mobil Hemat BBM Saat Mudik Lebaran

"Untuk puncak arus balik akan terjadi dua kali, yakni 24 April sampai 25 April 2023 dan 29 April hingga 1 Mei 2023," ujar jenderal bintang dua itu.

Polri bakal tetap menggunakan sistem satu arah. Implementasinya mulai dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Km 72 tol Cipali.

"Kepolisian juga sudah menentukan titik-titik krusial yang berpotensi masalah saat terjadi lonjakan mudik Lebaran 2023," papar Sandi.

Baca juga: Polri Turunkan 148.211 Personil dalam Operasi Ketupat 2023

Lokasi tersebut berada di jalur Tol Trans Jawa dan jalur tol ke arah Jawa Tengah. Tol Cipali menjadi titik krusial baik arus mudik maupun arus balik.

"Kemudian di rest area Sumatra dan Jawa yang berada di Indralaya-Palembang. Sementara untuk rest area jalur Jawa berada di Tol Cipali," ucap Sandi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat