visitaaponce.com

Bansos untuk Kegembiraan di Mudik Lebaran 2023

Bansos untuk Kegembiraan di Mudik Lebaran 2023
Menko PMK Muhadjir Effendi(Dok Kemenko PMK )

PEMERINTAH memperkirakan sekitar 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan mudik di masa libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023. Angka tersebut meningkat 1,5 kali lipat dibanding 2022, yaitu sebanyak 85 juta orang lebih. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, dengan meningkatnya jumlah pemudik, maka pemerintah akan mempersiapkan pelaksanaan mudik Lebaran 2023 dengan sebaik-baiknya.

Muhadjir menerangkan, berbagai upaya akan dilakukan pemerintah. Mulai dari antisipasi segi keamanan dan kenyamanan, persiapan jalur mudik, jalur penyebrangan, tarif moda transportasi, harga bahan pangan, sampai skema bantuan sosial. Upaya tersebut dilakukan supaya masyarakat bisa merasakan kegembiraan di mudik Lebaran 2023.

"Sesuai dengan arahan Presiden kita harus menyiapkan sebaik-baiknya agar bisa ditekan insiden kecelakaan, apalagi kecelakaan fatal. Dan betul-betul bisa membikin mereka yang akan mudik merasakan kegembiraannya dan terjauhkan dari hal yang membuat tidak gembira," ujar Menko Muhadjir usai melaksanakan Rapat Koordinasi bersama sejumlah menteri dan pimpinan lembaga membahas kesiapan menghadapi libur Idulfitri 1444 Hijriah dan mudik Lebaran 2023, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/4).

Baca juga: KPK Endus Penyaluran Fiktif Bansos Beras Kemensos

Menko Muhadjir menyampaikan pemerintah akan menyediakan bansos berupa beras bagi masyarakat tidak mampu, yang diberikan kepada 21 juta keluarga penerima manfaat.

"Agar masyarakat tidak mampu ikut bergembira merayakan Idulfitri, pemerintah menyediakan bansos beras yang disalurkan kepada 21 juta kepala keluarga masing-masing 10 kilogram," ungkapnya.

Baca juga: Menko PMK Cari Cara Berikan Bantuan Korban Gagal Ginjal Akut Anak

Menko PMK menerangkan, tagline atau slogan mudik lebaran tahun ini ditetapkan pemerintah adalah "Mudik Aman dan Berkesan". Dia berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, bisa mewujudkan mudik yang berkesan dan menggembirakan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Sehingga mudah-mudahan semua aman, nyaman, dan kita bisa menjalankan Lebaran Idulfitri tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," pungkas Muhadjir. (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat