visitaaponce.com

Menko PMK Minta Rest Area Jalan Tol Ditambah

Menko PMK Minta Rest Area Jalan Tol Ditambah
Menko PMK Muhadjir Effendy menginstruksikan kepada seluruh pengelola jalan tol untuk melakukan pencegahan kepadatan di rest area.(Antara Foto)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menginstruksikan kepada seluruh pengelola jalan tol untuk melakukan pencegahan kepadatan di rest area jalan tol pada arus mudik Lebaran nanti.

Ia mengatakan, belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, penumpukan pemudik di rest area tentunya dapat mengganggu arus lalu lintas di jalan tol.

"Memperhatikan pengalaman tahun lalu, ini harap diperhatikan terjadinya kepadatan di rest area yang menyebabkan terganggunya lalu lintas di jalan tol," kata Muhadjir dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (13/4).

Baca juga: Diskon Spesial untuk yang Mudik Lebih Awal

Ia mengatakan, terdapat dua solusi untuk mencegah penumpukan tersebut. Pertama, dengan menambah rest area di beberapa titik jalan tol. Kemudian yang kedua, melakukan pelebaran jalan di pintu masuk rest area.

"Sehingga penambahan atau pelebaran jalan di depan pintu rest area itu tidak akan mengganggu arus perjalanan lalu lintas yang ada," ujarnya.

Baca juga: Mudik 2023, Kementerian PUPR Tingkatkan Fasilitas Rest Area

Selain itu, Muhadjir juga meminta rekayasa lalu lintas di jalan tol selama puncak mudik memperhatikan kondisi yang ada. Ia berharap, pengelola jalan tol diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik.

"Kemudian para pengelola jalan tol diharapkan memberikan layanan sebaik-baiknya serta berinovasi seperti kemungkinan untuk lebih memperlancar interkoneksi antar operator agar masyarakat bisa lebih simpel, misalnya hanya men-tap kartu tol pada pintu masuk dan saat keluar saja," tuturnya.

Ia juga mengimbau, para pengelola jalan tol dapat memberikan informasi yang penting dan jelas terkait jalur alternatif non-tol di sekitar jalan tol yang dapat dilalui oleh pemudik.

"Pengelola jalan tol dapat memberikan informasi yang penting dan jelas pada saat masuk tol maupun di seluruh rest area mengenai kondisi jalan tol yang akan dilalui oleh pemudik, kemudian memberikan informasi tentang jalur alternatif non-tol di sekitar jalan tol yang juga untuk membantu kelancaran pada saat masuk maupun keluar tol bekerjasama dengan aparat terkait dan pemerintah daerah setempat," ujarnya. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat