visitaaponce.com

Merdeka Belajar Penuhi Cita-Cita Luhur Ki Hadjar Dewantara

Merdeka Belajar Penuhi Cita-Cita Luhur Ki Hadjar Dewantara
Sejumlah pelajar berpakaian adat Timor mengibarkan bendera merah putih saat menampilkan tarian Lufut di Kota Kupang, NT, Jumat (28/4).(ANTARA/KORNELIS KAHA)

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Anwar Makarim saat memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional menyampaikan program Merdeka Belajar semakin mendekatkan cita-cita pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Nadiem menyebut beberapa transformasi yang telah dicapai sesuai cita-cita Ki Hadjar selama tiga tahun terakhir, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

Saat ini, dikatakan Mendikbud-Ristek, anak-anak Indonesia bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Selain itu, para kepala sekolah dan kepala daerah juga lebih mudah melakukan pemantauan pelaksanaan pendidikan.

Baca juga: Merdeka Belajar Pastikan Kompetensi Mahasiswa Tercapai

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” ujar Nadiem dalam upacara Hardiknas di Kantor Kemendikbud-Ristek, Selasa (2/5).

Selain itu, diungkapkan Mendikbud-Ristek bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi. Bahkan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” kata Nadiem.

Baca juga: Ki Hadjar Dewantara, Visioner Sejati yang Tinggalkan Warisan Besar untuk Dunia Pendidikan Indonesia

Di peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, Nadiem mengajak masyarakat untuk merayakan capaian transformasi tersebut dengan syukur dan semarak atas kerja keras dan kerja sama semua pihak. Nadiem juga mengajak masyarakat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

“Marilah kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” ajak Nadiem. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat