visitaaponce.com

Produk dan Merek Paling Laris Dibeli Konsumen pada 2023

Produk dan Merek Paling Laris Dibeli Konsumen pada 2023
Marketing Manager of Kantar Indonesia, Worldpanel Division Corina Fajriyani, Sr.(MI/Meilani)

KANTAR Indonesia, Divisi Worldpanel, baru saja mengeluarkan laporan terbaru mereka, yaitu Brand Footprint Indonesia 2023.

Brand Footprint adalah penelitian tahunan yang diilakukan oleh Kantar untuk mengukur merek yang paling dipilih oleh konsumen.

Terkuak beberapa merek paling dicari konsumen mulai dari susu, mie instan, hingga kopi. Brand Footprint mencakup lebih dari 550 merek di lima sektor FMCG, yaitu Makanan, Minuman, Produk Susu, Perawatan Rumah, dan Perawatan Tubuh.

Baca juga: Skema Closed Loop Dorong Stabilitas Harga Produk Hortikultura

Managing Director of Kantar Inndonesia Worldpanel Division Venu Madhav mengungkapkan, kondisi ekonomi makro di Indonesia tahun 2022 menunjukkan resiliensi dengan pertumbuhan PDB yang positif, sekitar 5%. Namun demikian, tahun 2022 juga merupakan tahun yang menantang bagi
konsumen di Indonesia dengan adanya inflasi di sepanjang tahun.

"Oleh karena itu, konsumen beradaptasi dengan menyesuaikan pengeluaran rumah tangga dan mengatur ulang prioritas, sehingga mempengaruhi pilihan brand yang dibeli disepanjang tahun. Pilihan brand yang berubah-ubah tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi FMCG brands untuk dapat tetap dipilih konsumen," jelas dia dalam keterangan nya, Kamis (6/22).

Baca juga: Dorong Ekspor Produk Petani Milenial, Kementan Sambangi KBRI di Jepang

Brand Footprint Indonesia tahun ini mewakili 97% rumah tangga di berbagai kota besar dan kota kecil di seluruh daerah urban dan rural Indonesia dari 70 juta populasi rumah tangga di Indonesia.

Daftar Merek

Dari hasil studi Brand Footprint Indonesia 2023, berikut merek paling laris atau disukai konsumen, yakni: 

• Cimory

Cimory telah tumbuh menjadi merek yang dipilih lebih dari 40% rumah tangga di Indonesia. Salah satu faktor keberhasilan Cimory didasarkan pada ketersediaan produk di berbagai channel belanja. Selain itu, inovasi varian rasa dan format yang unik pada produk yogurt nya memberikan nilai tambah untuk konsumen dalam memilih brand Cimory.

Sehingga, ekspansi kategori dari susu cair ke kategori yogurt memberikan dampak yang signifikan terhadap jumlah pembeli. Tahun ini, Cimory berhasil menembus peringkat 100 teratas FMCG brands dengan tambahan pembeli baru di tahun 2022 sebanyak 6,7 juta rumah tangga.

• Ultra Milk

Kehadiran Ultra Milk sudah lebih dari 50 tahun dan tetap menjadi pilihan teratas bagi konsumen di Indonesia. Eksistensi Ultra Milk semakin kuat dengan kemampuan meningkatkan basis pembeli dan terus merekrut pembeli baru.

Berdasarkan Brand Footprint 2023, Ultra Milk berhasil meraih penghargaan “Most Chosen Liquid Dairy Brand” dengan meningkatkan jumlah pembeli sebanyak 2.2 juta rumah tangga.

Salah satu faktor keberhasilan Ultra Milk dalam merekrut pembeli adalah kemampuan brand dalam meningkatkan jumlah pembeli dari berbagai kelompok usia melalui varian utamanya.

• Pepsodent

Pasta Gigi merupakan salah satu kategori yang dibeli oleh hampir seluruh rumah tangga di Indonesia, Pepsodent mampu menjangkau lebih dari 95% rumah tangga di Indonesia.

Salah satu kunci kesuksesan nya adalah memberikan banyak pilihan varian kepada konsumen sehingga Pepsodent mampu menjangkau konsumen dengan beragam kebutuhan pasta gigi, seperti varian sensitif, herbal, dan lain-lain.

Adapun lima kunci sukses yang daoat di terapkan dari Kantar, meliputi:

1. More targets

Dengan membuka akses untuk target konsumen yang lebih luas, maka brand dapat meningkatkan posisinya di pasar.

Salah satu cara brand untuk menerapkan strategi ini adalah dengan menjawab kebutuhan dari target konsumen yang lebih luas, contohnya dari segi status sosial-ekonomi dan kelompok usia.

2. More presence

Brand dapat melakukan ekspansi secara geografis, untuk hadir lebih dekat dengan lebih banyak konsumen.

Selain memperluas cakupan secara geografis, penting juga bagi brand untukmenerapkan strategi omnichannel dalam hal pemasaran.

3. More categories

Berinovasi di kategori baru dapat membantu brand untuk mengakomodir kebutuhan konsumen diluar portfolio yang selama ini sudah beredar.

4. New needs

Memahami kebutuhan baru dari konsumen secara tepat dapat membantu brand untukmengidentifikasi oportuniti untuk mengembangkan brand lebih jauh.

5. More moments

Memperkuat relevansi brand di lebih banyak kesempatan dan momen tentunya akan mendorong konsumen untuk menggunakan produk dari brand tersebut. Dengan demikian, hubungan antarabrand dan konsumen akan menjadi lebih dekat. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat