visitaaponce.com

Khawatir Antraks Simak Tips Aman Mengonsumsi Daging

Khawatir Antraks? Simak Tips Aman Mengonsumsi Daging
Ilustrasi pemotongan daging(Antara)

Dokter sekaligus pemerhati kesehatan Reisa Broto Asmoro meminta seluruh keluarga di Indonesia tidak sembarangan mengonsumsi daging hewan apapun untuk mencegah penyebaran infeksi spora antraks.

Belajar dari kasus di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, beberapa waktu lalu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak mengonsumsi daging hewan ternak yang sudah secara jelas dinyatakan mati sebelum dipotong.

"Pastikan pengelolaan daging terjamin higienis dan terbebas dari infeksi antraks. Kondisi daging, juga harus tetap segar yang ditandai dengan berwarna merah, bukan pucat ataupun kehitaman," ujar Reisa di Jakarta, Senin (10/7).

Baca juga: Antisipasi Antraks, Klaten Giatkan Sosialisasi dan Vaksinasi

Masayrakat juga bisa memperhatikan tekstur daging saat membelinya di pasar. Ia menyarankan menyarankan masyarakat untuk memilih daging yang memiliki tekstur kenyal, tidak lembek, tidak lengket dan menyisakan cairan berbau di tangan.

"Daging harus kenyal, tidak menyisakan cairan atau lendir di tangan kita. Itu artinya segar. Begitupun dengan aroma dagingnya, pastikan juga berbau segar, tidak bau menusuk," tuturnya.

Baca juga: Masyarakat Perlu Edukasi Penyebaran dan Pencegahan Antraks

Kemudian, kesegaran daging juga bisa terlihat dari kondisi cairannya. Jika daging memiliki banyak cairan dan itu bukan darah, itu menandakan daging tersebut sudah cukup lama terkontaminasi oleh udara di luar ruangan.

"Itu juga sebaiknya jangan dikonsumsi," imbuhnya.

Sedangkan, untuk daging yang sudah di dalam kemasan, masyarakat diminta untuk lebih teliti memeriksa tanggal kedaluwarsa.

Di luar langkah-langkah tersebut, Reisa juga mengimbau agar masyarakat untuk terus menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) supaya terhindar dari penularan antraks. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat