visitaaponce.com

BMKG Prediksi El Nino Menguat pada Agustus 2023

BMKG Prediksi El Nino Menguat pada Agustus 2023
Grafis El Nino(AFP)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi intensitas El Nino di Indonesia akan menguat pada Agustus hingga September 2023.

"Kami memprediksi pada Agustus sampai September El Nino akan menguat sampai ke level moderat. Kalau sekarang masih lemah, jadinya tidak begitu terasa efeknya," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Sabtu (15/7).

Ia menggambarkan, karena adanya El Nino tahun ini, maka musim kemarau di Indonesia akan serupa dengan musim kemarau yang terjadi pada 2019. Di mana akan ada peningkatan kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah.

Baca juga : Bulog Pastikan El Nino tidak Ganggu Cadangan Stok Beras

"Itulah yang dikhawatirkan. Namun pada 2019 persiapan kita menghadapi kekeringan kurang maksimal. Jadi semoga dengan pengelolaan tata air karhutla tahun ini tidak separah 2019," kata dia.

Baca juga : Antisipasi El Nino Bulog Sulteng Maksimalkan Penyerapan Beras Petani Lokal

Mengenai masih munculnya musim hujan di Juli 2023, Dwikorita menyebut bahwa hal itu disebabkan karena adanya pergerakan awan hujan dari Samudera Hindia yang melintasi Indonesia yang disebut dengan madden julian oscillation (MJO) serta fenomena lokal gelombang atmosfer yang menyebabkan perlambatan angin. Juga, lanjut dia, saat ini baru 60% wilayah Indonesia yang telah memasuki musim kemarau, belum 100%.

"Jadi musim kemarau tetap musim kemarau. Tapi ada fenomena gangguan bulanan karena di Indonesia pengontrolnya bukan hanya dua samudera, tapi juga pengaruh beberapa fenomena iklim lainnya," ucap dia.

Untuk menghadapi ancaman El Nino, Dwikorita merekomendasikan langkah yang bisa diambil sejak dini. Di antaranya pengendalian tata air secara cermat degan menyiapkan sumur-sumur pompa, pengairan waduk pintu air pertanian serta beradaptasi terhadap pola tanam untuk menghindari munculnya hama penyakit.

"Lalu untuk karhutla biasanya kalau dibasahi tata airnya Insya Allah tidak mudah terbakar, dan jangan menyulut api karena ancaman karhutla tahun ini cukup meningkat," pungkas dia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat