visitaaponce.com

Kenalkan Sejarah lewat Minecraft, Pak GM Targetkan 10 Juta Subscriber

Kenalkan Sejarah lewat Minecraft, Pak GM Targetkan 10 Juta Subscriber
Pak GM ingin mengedukasi penonton dengan cerita sejarah Indonesia melalui server Minecraft bernama Cakrawala SMP (Survival Multi Player).(Ist)

JADI kreator konten dibutuhkan talenta dan kreativitas tinggi. Dengan begitu, konten-konten yang dibuat bisa bermanfaat bagi khalayak.

Seperti dilakukan Pak GM, YouTuber kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 8 April 1994 ini.

Dengan mayoritas pasar penonton yang menyukai Minecraft dan tergolong masih di usia muda, Pak GM memiliki ide bersama teman-temannya untuk menyajikan hiburan kepada penontonnya.

Baca juga: Simak Enam Tips Menjadi Kreator Konten

Pada waktu yang sama, ia ingin mengedukasi penonton dengan cerita yang terinspirasi dari sejarah Indonesia, melalui sebuah server Minecraft yang dinamakan Cakrawala SMP (Survival Multi Player).

Namun, perjalanan untuk mewujudkan mimpi itu tidak mudah bagi Pak GM.

Ia menjelaskan sebelum sukses menjadi kreator konten, Pak GM hanyalah seorang fotografer. Namun, karena pandemi melanda dunia, ia kehilangan hampir semua pekerjaannya.

"Pandemi mengubah segalanya. Banyak job hilang, waktu itu uang di ATM tersisa Rp100 ribu. Saya memiliki seorang anak yang masih bayi," kata dia dalam keterangannya yang diterima, hari ini.

Baca juga: Inilah Hal-Hal yang Harus Dimiliki Kreator Konten

Tak berdiam diri, Pak GM banting setir dengan mencoba banyak pekerjaan dari membuka jasa desain logo esports, tender 3D arsitektur, hingga berjualan paru balado.

"Namun, nggak bertahan lama karena kebutuhan belum terpenuhi. Putus asa, tapi tiba-tiba saya teringat kalau punya teman Youtuber, yaitu Gemmad, Nevin, dan Saryu," ungkapnya.

Berawal dari mereka, dia memutuskan untuk belajar jadi kreator konten dan akhirnya bisa bangkit dari keterpurukan. Saat ini, akun YouTube @PakGM yang dimilikinya memiliki 1,97 juta subscriber.

Terkait Cakrawala SMP, idenya dibentuk bersama YouTuber lain seperti Mefelz, Wortelemes, FirmanGG & ShanShine. Dia berambisi mengenalkan sejarah Indonesia terutama kerajaan Majapahit melalui media game.

"Ini digarap bersama developer OrumeMC serta komunitas MinecraftID sebagai pembuat bangunan bersejarah, dan banyak kontributor membantu proses development, dengan pengerjaan berjalan enam bulan," jelasnya.

Baca juga: Begini Cara Eksis Jadi Kreator Konten A La Rizky Ayu

Menurutnya, di dalam game tersebut, terdapat banyak candi, barang dan bangunan dari zaman Majapahit, seperti Candi Penataran, berbagai keris yang terkenal di masanya, serta rumah masyarakat pada zaman tersebut.

Pak GM mengemas permainannya dengan konsep fantasy dan roleplay agar bisa lebih diterima penonton dengan usia yang relatif muda.

Komunitas MinecraftID ini berisikan hingga 100 kreator konten, mulai dari Frost Diamond, ElestialHD, Azuya Surya, Mefelz, dan lain-lain.

"Untuk sementara ini hanya buat kreator konten, tetapi saat ini sedang dikembangkan versi publiknya agar dapat dinikmati oleh umum," jelas dia.

Ia berharap gebrakan ini bisa berkontribusi memberikan edukasi melalui cara yang asyik kepada anak muda dan mendukung Indonesia Emas 2045.

"Saya juga berharap dengan membesarkan konten Minecraft, podcast, dan game yang bervariasi bisa mencapai subscriber hingga 10 juta," tutup dia. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat