visitaaponce.com

Itera Gandeng Sonar Nusantara dan Kompas Navigasi Perkenalkan Teknologi Geospasial dan USV ke Mahasiswa

Itera Gandeng Sonar Nusantara dan Kompas Navigasi Perkenalkan Teknologi Geospasial dan USV ke Mahasiswa  
Kerja sama Jurusan TIK Itera dengan Kantara Indonesia Group(Dok. Itera)

PT Sonar Nusantara Utama dan PT Kompas Navigasi Indonesia melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama dengan Institut Teknologi Sumatera )Itera) pada acara Dies Natalis Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan. 

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Ketua Jurusan TIK Itera Arif Rohman dengan Direktue PT Kantara Indonesia Group Esha Etlin Saratoga. Kantara merupakan induk usaha dari Sonar Nusantara Utama dan Kompas Navigasi Indonesia.

“Tujuan kami agar dapat berkolaborasi bersama Institut Teknologi Sumatera dengan program-program yang memperkenalkan teknologi geospasial terkini sehingga diharapkan dapat mendukung penelitian dan meningkatkan kesiapan mahasiswa di dunia kerja nantinya," kata Esha dalam keterangannya. 

Baca juga : Rektor Universitas BSI Dilantik Jadi Pengurus Aptisi Wilayah III Jakarta

Antonius Tambunan, tim Technical PT Sonar Nusantara Utama menjelaskan, eknologi geospasial memungkinkan penggunanya dapat mengetahui posisi objek atau peristiwa di suatu tempat. 

"Teknologi geospasial berkembang seiring berjalannya waktu mulai dari fungsi hingga kecanggihan teknologinya. Saat ini teknologi geospasial pada tahap dimana teknologi dapat diintegrasikan dengan berbagai data untuk berbagai keperluan di banyak bidang," jelasnya.

Baca juga : FE UNJ Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Kelas Internasional

PT Sonar Nusantara Utama dan PT Kompas Navigasi Indonesia memperkenalkan Teknologi Unmanned Surface Vehicle (USV) sebagai salah satu perkembangan teknologi batimetri dalam workshop demonstrasi alat. 

Teknologi USV Discovery Pro merupakan sebuah Kapal Tanpa Awak berteknologi survey pemetaan yang canggih yang dapat digunakan untuk survey bathimetri pada area danau, sungai pedalaman dan area pesisir. 

USV Discovery Pro ini dilengkapi dengan single beam echosounder yang dapat memetakan daerah perairan. Selain itu teknologi ini dilengkapi dengan system automatic pilot yang mempermudah penggunaan pada saat pengoperasian di lapangan.
 
Kerja sama itu diharapkan mendukung secara konkrit program pemerintah, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam rangka memastikan kesiapan mahasiswa terjun langsung ke dunia kerja, khususnya di sektor survei/pemetaan. 

"Sejalan pula dengan terlaksananya prinsip Tri Darma Perguruan Tinggi,yaitu dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M)," pungkas Arif Rohman. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat