visitaaponce.com

Profile I Made Andi Arsana Ahli Geospasial yang menjadi Panelis Debat Capres ketiga

Profile I Made Andi Arsana Ahli Geospasial yang menjadi Panelis Debat Capres ketiga
I Made Andi Arsana, yang merupakan seorang ahli geospasial hukum laut dari Universitas Gadjah Mada (UGM). (made andi)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 11 panelis untuk debat ketiga Pilpres 2024 yang akan berlangsung pada Minggu (7/1) di Istora Senayan. Debat ketiga ini mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik. 

Para calon presiden nantinya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun kesebelas panelis tersebut, salah satunya adalah I Made Andi Arsana, yang merupakan seorang ahli geospasial hukum laut dari Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Dikutip dari laman resmi UGM, Andi menjadi dosen pada Departemen Geodesi, Fakultas Teknik UGM. Selain menjadi dosen, Andi juga terkenal di beberapa platform, seperti Instagram dan TikTok yang aktif membuat konten edukasi. Salah satu kontennya yang membuat viral adalah tips menjawab pertanyaan saat sedang sidang skripsi. 

Baca juga: Peneliti BRIN, Irine Hiraswari Gayatri jadi Panelis Debat 2024 

Andi memiliki riwayat pendidikan yang beragam. Pada 2001, Andi berhasil menyandang gelar sarjana di Fakultas Teknik Geodesi, Universitas Gadjah Mada. Ia lalu melanjutkan S2 di Surveying & Spatial Information System pada University of New South Wales, Australia. 

Pada 2014, Andi berhasil menyandang gelar Ph.D dari Australian National Centre for Ocean Resources and Security (ANCORS) di University of Wollongong dengan Australian Leadership Awards (ALA). Selain itu, Andi juga berhasil mendapatkan penghargaan Allison Sudradjat Award karena menjadi salah satu dari 4 penerima ALA dengan nilai tertinggi. 

Baca juga: Hikmahanto Juwana jadi Panelis Debat Ketiga Pilpres 2024 

Andi juga tercatat sebagai alumni Beasiswa UN-Nippon Foundation, sebuah program penelitian dan magang yang diselenggarakan oleh Divisi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Urusan Kelautan dan Hukum Laut (DOALOS). Ia juga turut terlibat dalam penyusunan ulang Manual on the Technical Aspects of the United Nations Convention on the Law of the Sea (TALOS) edisi ke-5 yang diterbitkan International Hydrographic Bureau, Monaco.

Sebagai peneliti, Andi telah menghasilkan lebih dari 230 karya dalam bidang aspek geospasial kelautan dan hukum laut. Karyanya mencakup jurnal, buku, prosiding konferensi, dan artikel ilmiah populer, yang diterbitkan dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Sebagai penghargaan atas prestasinya, Andi telah menerima beberapa penghargaan dari Australia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Indonesia.

Lewat sejumlah pengalaman yang diberikan oleh Andi, debat ketiga capres ini nantinya akan menguji kemampuan para calon presiden 2024 Indonesia. Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar pranowo akan diuji terkait pemahaman dan komitmennya terhadap isu global dan hubungan internasional. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat