visitaaponce.com

IPB Resmi Buka Fakultas Kedokteran, Pendaftaran Ditutup 11 Agustus

IPB Resmi Buka Fakultas Kedokteran, Pendaftaran Ditutup 11 Agustus
Ilustrasi(IPB University)

Institut Pertanian Bogor (IPB) University resmi membuka Program Studi (Prodi) Dokter, Fakultas Kedokteran (FK) untuk jenjang sarjana (S1). Pendaftaran untuk angkatan pertama sudah dimulai sejak 5 Agustus 2023 dan berlangsung hingga 11 Agustus 2023. Para peminat bisa mendaftarkan diri melalui laman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.

Selanjutnya, ujian sendiri akan dilaksanakan secara daring pada 12 Agustus dan pengumuman seleksi disampaikan pada 15 Agustus mendatang.

Dalam jumpa pers yang digelar di Kafe Taman Koleksi IPB di Baranangsiang, Rektor IPB Arif Satria menyampaikan lima alasan pihaknya mendirikan Fakultas Kedokteran.

Baca juga: FKDK Universitas Budi Luhur Beri Kesempatan Lulus lewat Jalur Artikel Ilmiah

Pertama, pemenuhan kebutuhan akan tenaga dokter di Indonesia, terutama di Jawa Barat. Kedua, IPB memiliki kontribusi penting dalam penanganan krisis pandemi Covid-19. Ketiga, IPB punya peran penting dalam inovasi biomedis. Keempat, IPB juga memegang peranan dalam mengembangkan one health (kesehatan semesta). Terakhir, IPB berkomitmen mengembangkan Agromaritim 4.0.

Di kesempatan yang sama, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Deni Noviana menjelaskan kurikulum FK IPB University dibuat sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2021.

Baca juga: FE UNJ Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Kelas Internasional

Kurikulum tersebut, lanjutnya, didesain untuk menghasilkan dokter yang profesional, kompeten, beretika serta memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat primer, dengan kompetensi keunggulan kedokteran agromaritim dan pendekatan one health.

“Struktur kurikulum juga disusun mengikuti komponen Kurikulum 2020 Integrasi Multistrata IPB dengan pemantapan life base learning yang akan menghasilkan lulusan yang unggul, lincah dan adaptif terhadap perubahan,” ujar Deni.

Adapun, proses pembelajaran di FK IPB University menerapkan model Student Centered, Problem Based Learning, Integrated Teaching, Community-based, Electives and Systematic (SPICES).

Profil lulusan FK IPB University diharapkan menjadi klinisi yang andal, pendidik yang berdedikasi, peneliti yang unggul, agen perubahan dan pembangunan sosial dan innopreneurship yang adaptif di era industri. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat