visitaaponce.com

Awan Hujan Mulai Hilang di Sebagian Wilayah Indonesia

Awan Hujan Mulai Hilang di Sebagian Wilayah Indonesia
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan awan hujan mulai berkurang, bahkan sangat sedikit sekali. Mereka pun mengimbau pemerintah daerah melakukan antisipasi debit air.

"Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan bagian selatan, hingga Lampung dalam satu pekan ini sangat sedikit sekali dapat awan hujan. Bahkan, mungkin Jawa tidak dapat awan hujan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Senin (14/8) malam.

Menurut dia, tiap wilayah memiliki karakteristik berbeda jika terdampak fenomena El Nino. Ketika fenomena tersebut terjadi di lahan gambut, potensi besar adalah kebakaran hutan dan lahan (karhurtla). Hal itu berdampak sangat nyata bagi manusia, yakni kekurangan air bersih.

Baca juga: Hari Tanpa Hujan, BMKG Ingatkan Potensi Karhutla

Abdul mencatat terjadi penurunan muka air di sejumlah waduk seperti Waduk Jatiluhur Jawa Barat dan Waduk Gajah Mungkur Jawa Tengah.

Bendung Katulampa di Jawa Barat juga mengalami penurunan muka air secara signifikan. Artinya, sumber mata air di awal titik nol Ciliwung, Citarum sudah turun.

Baca juga: Bencana Kekeringan Dominan Terjadi di Jawa Barat

BNPB sedianya telah melakukan upaya mitigasi. Sejak April, teknologi modifikasi cuaca (TMC) sudah digunakan untuk meningkatkan debit air di waduk dan bendungan. Namun, hal itu belum cukup untuk pemakaian tiga bulan ke depan.

"Jadi, memang kita harus berhemat dalam menggunakan air bersih. Pemerintah daerah yang memerlukan dukungan perangkat atau alat perangkat untuk distribusi air bersih seperti mobil dan lain-lain, BNPB akan mendukung," kata Abdul.

IA memprediksi fenomena El Nino akan bertahan setidaknya sampai Oktober mendatang. (Ant/Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat