visitaaponce.com

7 Makanan untuk Membersihkan Paru-paru saat Polusi Udara

7 Makanan untuk Membersihkan Paru-paru saat Polusi Udara
Ilustrasi paru-paru manusia.(Freepik)

SEMAKIN meningkatnya masalah polusi udara, perawatan kesehatan paru-paru menjadi semakin penting. Karena paru-paru memiliki peran sentral dalam sistem pernapasan manusia. Karena itu, paparan polusi udara yang meningkat saat ini sangat berisiko bagi kesehatan.

Selain itu, semua sel dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dan agar bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu, penting menjaga kesehatan paru-paru ditengah polusi udara di Jakarta yang masih berbahaya.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman herbal yang baik untuk kesehatan paru-paru, terutama bagi anda yang sering terpapar asap rokok dan polusi udara atau memiliki masalah pernapasan tertentu, seperti asma.

Baca juga: Ini Cara Cegah Batuk Selama Cuaca Panas

Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu membersihkan dan memperbaiki fungsi paru-paru, terutama dalam menghadapi polusi udara dan penyakit paru-paru.

1. Tomat

Dikutip dari situs Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, tomat sangat baik dikonsumsi, termasuk bagi perokok. Tomat dapat menurunkan risiko kanker hingga memperbaiki sistem imun tubuh.

Hal ini disebabkan karena tomat mengandung antioksidan yang tinggi. Tomat dapat langsung dimakan atau dibuat jus. Tomat juga sering disajikan sebagai lalapan.

Baca juga: Polusi Jabodetabek Naikkan Kasus Penyakit Pernapasan 34%

2. Bit

Buah bit mengandung nitrat yang dapat melemaskan pembuluh darah dan mengurangi potensi tekanan darah tinggi, sehingga meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita hipertensi paru dan penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK (COPD).

Selain itu, ada kandungan vitamin C, magnesium, kalium, dan antioksidan karotenoid, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan paru-paru. Bit bisa dibuat jus, salad, dan campuran dalam masakan.

3. Apel

Apel mengandung quercetin (fitonutrien) yang membantu mengurangi risiko asma dan komplikasi PPOK. Sifat antiinflamasi pada apel juga dapat mengurangi peradangan saluran napas dan mengurangi stres oksidatif.

Bahkan kulit apel kaya akan asam ursolat yang membantu meningkatkan sirkulasi darah. Apel dapat dibuat jus. Jika menginginkan manfaat serat yang lebih tinggi, kamu bisa makan buahnya secara langsung.

Baca juga: Waspada! Polusi Udara Ancam Tumbuh Kembang Anak

4. Jeruk

Jeruk sudah terbukti kaya manfaat. Terutama vitamin C dan kalsiumnya mengembalikan kadar nutrisi yang hilang setelah terapi steroid. Selain itu, kandungan jeruk dapat melindungi paru-paru dari PPOK dan kanker.

5. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan kurkumin yang bermanfaat untuk mendukung fungsi paru-paru.

Penelitian pada perokok menunjukkan bahwa paru-paru perokok yang mengkonsumsi kurkumin lebih berfungsi secara signifikan dibandingkan perokok yang tidak mengkonsumsi kurkumin.

Kunyit sering digunakan menjadi bumbu masakan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan manfaat kunyit dari jamu dan sejumlah minuman herbal.

6. Teh Hijau

Teh hijau banyak dikenal sebagai minuman menyehatkan karena mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi dan telah terbukti menghambat fibrosis pada jaringan, termasuk di paru-paru.

Fibrosis paru ditandai dengan jaringan parut yang progresif dan mengganggu fungsi paru-paru. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau dapat membantu mengobati penyakit ini.

7. Yoghurt

Yoghurt kaya akan kalsium, kalium, fosfor, dan selenium. Nutrisi ini membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari risiko PPOK. Minuman enak ini juga bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan.

Itulah tadi 8 makanan dan minuman untuk membersihkan dan memperbaiki fungsi paru-paru. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang tinggal di tempat dengan polusi udara tinggi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat