visitaaponce.com

Stres Hadapi Dunia, Zikir Petang Ini Bermanfaat Damaikan Hati

Stres Hadapi Dunia, Zikir Petang Ini Bermanfaat Damaikan Hati
Ilustrasi zikir(Freepik )

ZIKIR petang adalah ibadah yang dianjurkan untuk diamalkan setiap hari. Zikir ini dapat mempermudah segala urusan seperti yang dijanjikan oleh Allah SWT. 

Waktu petang dimulai ketika tenggelamnya matahari hingga malam tiba, artinya zikir ini dapat diamalkan mulai waktu salat Magrib tiba hingga menjelang Subuh. Namun ada pula beberapa pendapat mengenai waktu dimulainya zikir ini dapat dimulai selepas Asar hingga terbenamnya matahari dan ada pula ulama yang mengatakan jika zikir petang dilakukan ketika sepertiga malam terakhir hingga tengah malam. 

Lalu untuk mengamalkannya, berikut adalah tata cara dan bacaan zikir yang dapat dibaca, dalam bahasa latin dan artinya untuk diamalkan sehari-hari 

Baca juga : Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

 

Tata Cara Membaca Zikir Petang 

  • Membaca Taawuz

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Arab-latin: A'uudzu billaahi minasy-syaithoonir-rojiim

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.

Baca juga : Doa Zikir setelah Salat Fardu Lima Waktu Arab, Latin, Terjemah

  • Membaca Tasbih 

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَاللهُ أَكْبَرُ

Arab-latin:  Subhanallah walhamdulillah wa laa illahaillah wallahu akbar.

Artinya: maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar.

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

  • Membaca Ayat Kursi

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Arab-Latin: Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta khudzuhuu sinatu walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya: Allah tidak ada ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang (berada) di hadapan mereka, dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari Ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar (QS Al Baqarah: 255).

Baca juga : Zikir, Doa, Qunut Nazilah untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa

  • Membaca surah pendek Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas Sebanyak 3 kali

Surah Al-Ikhlas

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ - قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ - اللَّهُ الصَّمَدُ - لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ - وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Arab-Latin: Qul huwa Allahu ahad - Allahus Samad - Lam yalid wa lam yuulad  - Wa lam ya kullahu kufuwan ahad.

Baca juga : Bacaan Tahmid, Takbir, Tasbih, dan Keutamaannya

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia." (QS. Al Ikhlas: 1-4)

Surah Al-Falaq

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ - قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ - مِن شَرِّ مَا خَلَقَ - وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ - وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ - وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Baca juga : Arti Tafakur, Jenis, Cara, dan Manfaatnya untuk Umat Islam

Arab-latin Al-Falaq: Qul a'uudzu birabbil falaq - Min syarri maa khalaq - Wa min syarri ghaasiqin idza waqab - Wa min syarrin naffathaati fil 'uqad - Wa min syarri haasidin idza hasad.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai Subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki". (QS. Al Falaq: 1-5)

Surah An-Naas 

Baca juga : 9 Bacaan Zikir setelah Salat

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ - قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ - مَلِكِ النَّاسِ - إِلَهِ النَّاسِ - مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ - الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ - مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

Arab-latin An-Naas:  Qul a'udzu bi rabbin naas. Malikin naas. Ilahinas. Min sharril waswaasil khanna's. Alladzi yuwas wisu fii shuduurin naas. Minal jinnati wannaas.

Artinya: Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia." (QS. An Naas: 1-6).

Baca juga : Ibadah pada Malam Id dan Keutamaannya

Bacaan Zikir Petang 

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ للهِ -، وَالْحَمْدُ للهِ -، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ -، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ -، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ -، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا -، وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا -، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ -، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْ

Arab-latin: Amsaynaa wa amsal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa 'ala kulli syaiin qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzihil lailah wa khoiro maa ba'dahaa, wa a'udzu bika min syarri maa fii hadzihil lailah wa syarri maa ba'dahaa. Robbi a'udzu bika minal kasali wa suu-il kibar. Robbi a'udzu bika min 'azabil fin nari wa 'adzabin fil qobri.

Artinya: Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di malam ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan malam ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di kubur.

Baca juga : Amalan Selawat agar Rasulullah Temui Kita saat Sakaratul Maut

Doa penutup zikir petang

استغفر الله ،استغفر الله استغفر الله -. اللهم انت السلام ومنك السلام تباركت يا ذا الجلال و الاكرام

.- لااله الا الله وحده لا شريك له -. له الملك وله الحمد وهو علي كل شيءٍ قدير -. اللهم لامانع لما اعطيت ولا معطي لما منعت ولا ينفع ذ الجد منك الجد

لا اله الله وحده لا شريك له -، وله الحمد وهو على كل شيءٍ قدير-، لا حول ولا قوة الا بالله 

Baca juga : UAS Ungkap Amalan agar Dagangan Laris Manis Usaha Lancar Jaya

لااله الا الله ولا نعبد الا اياه -، له النعمة وله الفضل وله الثناء الحسني -، لا إله إلا الله مخلصين له الدين ولو كره الكافرون لا إله إلا الله وحده لا شريك له -، له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو على كل شيءٍ قدير

 

Arab-latin: Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah, Allahuma anta salam wa minka salam tabaroqta Ya Dzal jalali wal ikram.

Baca juga : Agar Urusan Dipermudah, Baca Basmalah dan Rahasia Angka 19

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ala kulli syaiin qodir. Allahuma laa maania lima a'thoita wa laa mu'thii limaaa mana'ta wa laaa yanfa'u dzal jaddi minkal jaddu.

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ala kulli syaiin qodir. Laa haula wa laa quwwata illa billah.

La ilaha illallah wala na'budu illa iyyahu. Lahu namatu wa lahul fadhlu wa lhu tsania ul husna. Laaa ilaaha illallah mukhlishina lahuddin walau karihal kaafiruuna.

Baca juga : Teks Bacaan Ratib Al Haddad, Arab, Latin, dan Arti

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah (3X), Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera, dan dari-Mulah kesejahteraan, Maha Suci Engkau wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan.

Tidak ada illah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah tidak ada yang dapat mencegah apa yang Engkau beri, dan tidak ada yang dapat memberi apa yang engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya untuk menebus dari siksa-Mu.

Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya. Kepunyaan-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah.

Baca juga : Agar Anak Terhindar Zina, Bacakan Dua Surat Al-Quran Ini

Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah. Kami tidak beribadah kecuali kepada-Nya. Baginya nikmat, anugerah, dan pujian yang baik. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir membencinya. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya. Kepunyaan-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan yang mematikan. Dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Manfaat Zikir Petang

Jika terus diamalkan, zikir petang akan membawa manfaat:

  • Segala Urusanmu Akan Dipermudah Oleh Allah SWT

Zikir petang jika diamalkan terus-menerus dengan ikhlas niscaya kamu akan dipermudah segala urusannya oleh Allh SWT. membaca zikir ini dapat dilakukan setiap hari dari mulai masuk waktu maghrib sampai azan subuh berkumandang

  • Terhindar dari Marabahaya

Mengamalkan zikir ini akan menghindarkan dari marabahaya yang menghampiri. 

  • Mendapatkan Ketenangan Hati 

Zikir jika dilakukan dengan ikhlas dan terus menerus dapat menenangkan hati. Apabila sedang merasakan jahatnya dunia, stress dan tidak ada tempat untuk mengadu, lakukanlah zikir petang agar dapat merasakan kehadiran Allah dalam dirimu. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat