visitaaponce.com

Universitas Terbuka UT Perluas Kemitraan dan Launching Pendidikan Khusus Profesi Advokat

SEJALAN dengan implementasi sistem Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ), Universitas Terbuka (UT) hadir dengan menyediakan pendidikan yang dapat diakses dari mana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja.

UT terus mengembangkan infrastruktur pendidikan jarak jauhnya, meningkatkan kualitas kurikulum dan pengajaran, seta memperluas jaringan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan dan organisasi masyarakat.

Melalui pendekatan inklusif dan akses yang luas, Universitas Terbuka memainkan peran kunci dalam mengurangi kesenjangan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Baca juga : Wisuda Periode I Tahun Akademik 2023/2024, UT Gelar Seminar 'Bergerak Melayani Bangsa'

Pada kali ini UT kembali mengukuhkan tekadnya dalam bidang pendidikan melalui kemitraan yang semakin erat.

Pada Senin (5/2/2024), UT mengadakan penantanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga institusi yaitu antara UT dengan Universitas Siber Muhammadiyah, UT dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), UT dengan Semee CV.

Adapun bidang lingkup kerja sama UT dengan berbagai pihak tersebut antara lain sebagai berikut.

Baca juga : The New You Institute dan Thunderbird School Kembangkan Global Leadership Program

Untuk MoU antara UT dengan Universitas Siber Muhammadiyah yaitu tentang Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

MoU UT dengan Bank Syariah Indonesia yaitu tentang Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pemanfaatan Layanan Jasa Perbankan Serta Produk Perbankan Syariah.

 MoU UT dengan Seemee CV yaitu tentang Cloud Order Schedule Universitas Terbuka- Educator Career Connect Portal.

Baca juga : Institut Teknologi Kalimantan Jalin Kerja Sama dengan Kampus Tiongkok

Selain itu pada kesempatan yang sama terdapat beberapa penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) yaitu antara UT dengan BSI Maslahat, Asosiasi Profesi Pendidikan Jarak Jauh (APPJJI) dengan Universitas Siber Muhammadiyah, FHISIP dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), FHISIP dengan Ikadin.

Adapun lingkup kerja sama dengan berbagai pihak tersebut antara lain sebagai berikut. PKS UT degan Peradi dan Ikadin yaitu tentang Sinergitas Tridharma Perguruan Tinggi di Bidang Hukum; PKS UT dengan BSI Maslahat tentang Pemberian Beasiswa Program BSI Scholarship Afirmasi Tahun 2024-2028 Bagi Mahasiswa Tingkat Pendidikan Strata 1(S1).

Sedangkan lingkup dari rencana implementasi kerja sama (Implementation Arrangement/IA) antara UT dengan Peradi dan Ikadin yaitu tentang Pelaksanaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat.

Baca juga : UMJ Tandatangani Kesepakatan dengan Delapan Universitas Tiongkok

Dari Peradi, Ikadin, dan Seemee CV yang hadir pada acara penandatanganan kerja sama ini adalah Prof. Dr. Oto Hasibuan, S.H., MM. ,. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi); Dr. Adardam Achyar, S.H., MH. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Advokat Indonesia (DPP Ikadin).

Selain itu, hadir pula Nendy Fernandy, Head of Commercial, SeeMe CV Indonesia; Dr. H. Hermansyah Dulaimi, S.H, M.H., Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi); Rivai Kusumanegara, S.H., M.H., Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPP IKADIN).

Adapun daftar tamu dari Universitas Siber Muhammadiyah antara lain Dr. Ir. Bambang Riyanta, S.T., M.T. - Rektor; Wicaksono Yuli Sulistyo, M.Kom.- Kabiro Penmaru, Agniya Thahira, S.M., MM. -. Koor PBJJ, Nabela Putri Yanuari, S.KM., M.KM. - Koor Pengmas LPPM, Amalina Nur Arifah, S.E., M.Sc. -Tim Kerja Sama Dalam Negeri, Afriansyah Tanjung, S.H., M.Kn.- Kepala Kantor Urusan Internasional, Muhamad Rosidin, M.Kom. - Kaprodi S1 PJJ Sistem Informasi, Muhammad Fauzan Gusatfi, M.Kom. - Tim Pengembang Immersive, Henry Ardian Irianta, S.T. - Jurnal LPPM, Putra Nanda Kurniawan, S.T. - Kepala Kantor.

Baca juga : Universitas Terbuka Jalin Kerja Sama dengan PT. Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2)

Setelah dilakukan rangkaian penandatanganan MoU dan PKS dengan berbagai pihak, kegiatan dilanjut dengan sambutan-sambutan, dimulai dari sambutan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., sambutan dari BSI Maslahat, dilanjut dari BSI dan PERADI.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pula seremoni Launching Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) kerja sama UT, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), dan Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) secara simbolis melalui video singkat Peluncuran PKPA kerja sama UT- Peradi.

Launching PKPA dengan Video Peluncuran tersebut ditandai dengan menyentuh layar monitor oleh Rektor UT, Ketua PERADI, Ketua IKADIN dan Dekan FHISIP. Untuk diketahui, Dekan FHISIP UT Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D., hadir di acara ini sekaligus sekaligus ebagai Ketua APPJJI.

Baca juga : Kanmo Group dan Universitas Paramadina Dukung Pengembangan SDM di Indonesia

Kegiatan perluasan kemitraan in sangatlah bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, penguatan institusi, dan pengembangan SDM masyarakat.

Dengan adanya beberapa MoU ini keberadaan UT di tengah masyarakat menjadi lebih dapat dirasakan.

Kerja sama ini sangat sesuai dengan visi misi UT dimana UT sebagai lembaga pendidikan tinggi didirikan ole pemerintah karena tiga hal:

Baca juga : President University Jalin Kerja Sama Pendidikan Profesi Advokat  

1) pemerataan akses Pendidikan tinggi; 2) menjadi solusi bagi banyaknya lulusan SMA/sederajat atas terbatasnya daya tampung Perguruan Tinggi Negeri.

 3) menjadi solusi bagi para pekeria (working people) yang ingin meningkatkan kapabilitanya dengan melanjutkan Pendidikan tinggi namun terkendala waktu, jarak, dan kesempatan. (RO/S-4)

Baca juga : Universitas LIA dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Perkuat Sinergi Pendidikan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat