visitaaponce.com

Doa Sholat Tahajud Dan Artinya Beserta Latin

Doa Sholat Tahajud Dan Artinya Beserta Latin
freepik(freepik)

Doa sholat tahajud yang fasih dan sesuai anjuran Rasulullah SAW dapat menjadi pedoman ketika hendak melaksanakan sholat sepertiga malam ini untuk mendapatkan ridho Allah.

Sebagaimana yang diketahui, bahwa sholat tahajud mempunyai banyak keutamaan, salah satunya adalah ditinggikan derajatnya di hadapan Allah Sang Maha Pencipta.

Terkait tata cara pelaksanaannya pun sama seperti sholat sunnah lain. Kamu bisa menunaikan 2 rakaat sholat tahajud yang diakhiri salam dan dilanjutkan sholat witir sebagai penutup. Hanya saja yang membedakan sholat ini dengan shalat lainnya adalah waktu pengerjaannya.

Baca juga : 3 Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Beserta Tulisan Latin Lengkap

Sholat tahajud dianjurkan untuk dilaksanakan pada malam hari dan waktu yang paling bagus adalah di sepertiga malam terakhir dan didahului dengan tidur terlebih dahulu.

Nah, setelah selesai menunaikan sholat, kamu bisa membaca doa sholat tahajud yang akan diterangkan di bawah ini lengkap dengan artinya.

Niat Sholat Tahajud

Yang membedakan sholat yang satu dengan lainnya adalah terletak pada bacaan niatnya. Niat tersebut diucapkan dengan lisan seraya diyakini dalam hati. Berikut bacaan niat untuk sholat tahajud:

Baca juga : 4 Doa Mandi Wajib, Beserta Tata Cara yang Benar Sesuai Sunnah

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku menyengaja shalat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Baca juga : Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Zikir

Setelah mengucapkan niat, kemudian dilanjutkan dengan rukun sholat lainnya hingga rakaat terakhir.

Bacaan Doa Sholat Tahajud

Setelah menyelesaikan sholat tahajud dengan tertib dan khusyu, maka dapat dilanjutkan dengan membaca doa sholat tahajud seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW di bawah ini:

اَللهم رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهم لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Baca juga : Doa Masuk Rumah Latin dan Artinya, Serta Keutamaannya

llâhumma rabbanâ lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta mâlikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa'dul haq. Wa liqâ’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haq. Wan nâru haqq. Wan nabiyyûna haqq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haqq. Was sâ‘atu haqq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal muakhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad ﷺ itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kamu ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Dzikir Sholat Tahajud

Selain membaca doa sholat tahajud, untuk mewujudkan ibadah yang lebih khusyuk, kamu dapat memanjatkan puji dan syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan melalui dzikir. Bacaan dzikir di bawah ini dapat kamu lafalkan minimal 33 kali dan lebih utama minimal 100 kali.

Baca juga : 5 Doa Sesudah Makan beserta Adab yang Dicontohkan Rasul

1. Tasbih

Bacaan yang pertama adalah tasbih.
سُبْحَانَ الله
Subhanallah
Artinya: “Maha Suci Allah”.

2. Tahmid

Baca juga : Lima Doa sebelum Mencoblos Surat Suara di TPS

Dilanjutkan dengan membaca tahmid.
الْحَمْدُ للهِ
Alhamdulillah
Artinya: “Segala puji bagi Allah”.

3. Takbir

Jangan lupa untuk dilanjutkan dengan takbir.
اللَّهُ أَكْبَرُ
Allahuakbar
Artinya: “Allah Maha Besar”.

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin, Arab dan Artinya

4. Istighfar

Memohon ampunan kepada Allah dengan membaca istighfar.
أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ
Astaghfirullahal ‘adhiim
Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.”

5. Istighfar Panjang

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya, Amalkan Setiap Hari ini Manfaatnya

Kemudian dzikir ditutup dengan bacaan istighfar panjang yang berbunyi:
أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah. Yang tidak ada ilah kecuali Dia yang Maha Hidup lagi terus menerus Mengurus makhluknya. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”
Keutamaan dan Keistimewaan Menunaikan Sholat Tahajud

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

Sholat tahajud dilaksanakan ketika orang lain sedang tidur dan beristirahat, maka tentu saja kamu sudah menjanjikan kenikmatan bagi siapa saja yang ikhlas melaksanakannya semata-mata karena Allah Ta’ala. Dalam surat Al Isra ayat 79, Allah pun telah memerintahkan hamba-Nya untuk melaksanakan sholat tahajud:

"Pada sebagian malam lakukanlah shalat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Dari penggalan ayat tersebut tentu saja kita sudah mengetahui bahwa sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, antara lain:

Baca juga : 3 Doa Berhubungan Suami-Istri, Sebelum dan Sesudahnya

1. Mendapat Tempat Mulia di Sisi Allah SWT

Allah SWT telah menjanjikan tempat yang mulia dan terpuji bagi siapa saja yang menjalankan sholat tahajud dengan ikhlas. Janji tersebut telah disampaikan Allah dalam Al Quran Surah Al Isra ayat 79.

Sementara itu, mendapatkan jaminan tempat yang mulia dan terpuji di sisi Allah adalah dambaan semua umat muslim. Allah juga menjamin jalan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat bagi hamba-Nya kelak. 

Baca juga : Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Doa bagi Pemberi Zakat

Kita hanya mengorbankan sedikit kenikmatan di dunia dan sedikit waktu istirahat di dunia namun Allah membalasnya dengan tempat mulia yang kekal. Allahumma amin.

2. Semakin Dekat Kepada Allah SWT

Batin, jiwa dan pikiran yang tenang akan bisa diraih ketika seorang hamba semakin dekat dengan Allah SWT. Mendekatkan diri kepada Allah dapat dilakukan dengan menjalankan ibadah wajib dan melaksanakan sunnah-sunnahnya, salah satunya adalah melalui sholat tahajud.

Baca juga : Doa sebelum Tidur dan setelah Bangun dalam Islam beserta Terjemah

Pikiran yang lelah setelah seharian beraktivitas, batin serta jiwa yang gusar dengan segala permasalahan dunia akan segera hilang dan diganti dengan ketenangan ketika mendekatkan diri kepada Allah.

Orang-orang yang rajin sholat tahajud akan memiliki aura ketenangan dan juga kebahagiaan karena dirinya merasa semakin dekat dan kian lebih dekat dengan Allah SWT.

3. Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa

Baca juga : Tiga Peristiwa Penting yang Terjadi pada Bulan Sya'ban

Selain melaksanakan shalat sunnah dan witir, sholat tahajud juga bisa menjadi halaman untuk melangitkan doa-doa kita kepada Sang Maha Pemilik dunia dan isinya. Ada begitu banyak doa yang bisa kamu haturkan kepada Allah setelah sholat tahajud.

Pastikan doa yang dipanjatkan dilandasi dengan keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan semua doa yang baik-baik di waktu yang tepat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa Allah akan turun ke langit dunia di waktu sepertiga malam, dan akan memberikan apa yang hambanya minta. Baik itu permohonan ampun maupun doa meminta sesuatu.

Baca juga : Bacaan Doa Dzikir Pagi, Amalkan ini setelah Salat Subuh

4. Dibukakan Pintu dan Dimudahkan Jalan Menuju Surga

Keutamaan sholat tahajud yang selanjutnya adalah dibukakan pintu surga serta dijamin keselamatannya untuk masuk surga. Rasulullah SAW pun pernah menjelaskan bahwa sholat tahajud dapat membawa seorang hamba masuk ke surga dengan selamat.

5. Diampuni Dosa-Dosanya Oleh Allah SWT

Baca juga : Ayat Kursi dan Terjemahannya, Baca ini Setiap Hari Sebelum Tidur

Membiasakan diri sholat tahajud dan mendekatkan diri kepada Allah saat sepertiga malam juga memiliki keutamaan akan dihapuskan segala dosa-dosanya. Tentu saja hal tersebut sesuai dengan apa yang disampai Rasulullah SAW dalam hadits Riwayat Ahmad.

Keutamaan Sholat Tahajud

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa waktu terbaik dalam melaksanakan shalat tahajud adalah ketika sepertiga malam dan diawali dengan tidur terlebih dahulu. Meski masih banyak yang mempertanyakan terkait anjuran tidur sebelum sholat tahajud, faktanya ada begitu dapat keistimewaan yang akan kamu dapatkan darinya.

Pertama, keyakinan bahwa segala sesuatu yang ditetapkan oleh Allah adalah yang terbaik harus kamu tanamkan di hati. Dalam hal ini, Allah menganjurkan umatnya agar istirahat dan tidur terlebih dahulu sebelum tahajud.

Baca juga : Waktu Makan Malam Penting Bagi Pasien Diabetes untuk Cegah Gangguan Tidur

Hal tersebut juga dilakukan penelitian oleh para ilmuwan, dan penelitian tersebut telah memberikan hasil yang nyata. Bahwa menurut teori, pikiran manusia ketika bangun tidur di malam hari khususnya, gelombang otak akan masuk pada gelombang theta ataupun alpha.

Yang mana gelombang alpha tersebut adalah pintu masuk ke alam bawah sadar atau yang biasa disebut supra sadar. Dan ketika seseorang berada pada tingkatan gelombang ini, maka pikiran dan jiwa akan merasa sangat santai, rileks dan juga fokus.

Di fase ini otak akan memproduksi hormon bahagia dengan jumlah yang banyak dan secara otomatis akan membuat jiwa serta pikiran menjadi lebih tenang.

Baca juga : Anies Baswedan Ajak Para Pendukung Berdoa

Dengan begitu, pancaran gelombang otak saat seseorang melaksanakan sholat tahajud dan melangitkan doa setelah bangun tidur menjadi sangat kuat.

Cara Supaya Doa Mustajab dan Dikabulkan Oleh Allah SWT

Allah selalu mengabulkan doa setiap hambanya di waktu terbaik dan paling tepat. Meski begitu, kita tetap harus berdoa dan berusaha supaya doa yang dipanjatkan mustajab

Pertama, berdoa dengan ikhlas. Hendaklah kita ketika berdoa selalu dilandasi dengan hati yang ikhlas bahwa doa tersebut diperuntukkan hanya kepada Allah SWT. Berusahalah untuk terus istiqomah dan menjauhi kesyirikan.

Baca juga : Manfaat Membaca Doa Dzikir Pagi Setiap Hari

Kedua, mantapkan dan tanamkan di dalam hati bahwa setiap doa yang dipanjatkan akan dihimpun di langit dan diturunkan satu persatu oleh Allah di waktu dan keadaan yang terbaik. Berdoalah dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Ketiga, panjatkan doa dengan menyebut Asma Allah dengan segala Keagungannya dan sifatnya. Melafalkan Asmaul Husna ketika membaca doa senantiasa akan membuat doa tersebut mustajab dan dikabulkan oleh Allah yang Maha Segalanya.

Terakhir, berdoa di waktu-waktu mustajab atau waktu istimewa di mana terkabulnya doa-doa yang dilangitkan. Kamu dapat berdoa ketika matahari terbenam setelah ashar, ketika turun hujan, ketika adzan dikumandangkan dan ketika sepertiga malam yakni selepas sholat tahajud.

Baca juga : Muhaimin Minta Relawan Berdoa selama Masa Tenang agar Pemilu tidak Curang

Nah jadi itulah beberapa informasi mengenai keutamaan sholat tahajud, dahsyatnya ketetapan Allah SWT serta doa sholat tahajud lengkap. Jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT  dan ikhlas serta berkhusnudzon atas segala yang telah ditetapkan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat