visitaaponce.com

Doa Keluar Kamar Mandi dan Artinya Sesuai Sunnah Nabi Muhammad

Doa Keluar Kamar Mandi dan Artinya Sesuai Sunnah Nabi Muhammad
freepik(freepik)

Doa keluar kamar mandi merupakan doa harian yang penting untuk diamalkan setiap hari. Pasalnya, dalam doa tersebut ada alasan mengapa penting untuk dibaca serta manfaat yang akan didapatkan dengan rutin mengamalkan doa harian ini.

Nah, di sini kamu bisa menghafalkan doa keluar kamar mandi dalam bahasa Arab lengkap dengan penjabaran artinya. 

Diharapkan setelah membaca ulasan ini, kamu tidak hanya sekadar mengamalkannya, tetapi benar-benar memahami makna dari doa tersebut. Disertai dengan pengetahuan tentang etika keluar kamar mandi yang seringkali diabaikan.

Baca juga : Doa Masuk WC Arab, Latin dan Artinya Beserta Adab

Doa Keluar Kamar Mandi Latin dan Arab

Ada tiga doa yang akan kami berikan. Manapun bisa kamu pilih dan baca setelah keluar kamar mandi nanti.

1. Doa Keluar Kamar Mandi yang Populer

Inilah doa yang populer diucapkan para muslim setelah keluar dari kamar mandi.

Baca juga : Doa Sholat Tahajud Dan Artinya Beserta Latin

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

Alhamdulillaahil Ladzii Adzhaba ‘Annil Adzaa Wa ‘Aa-faa-nii

“Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari ku dan yang telah menyehatkan ku”

Baca juga : Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Zikir

2. Doa Keluar Kamar Mandi Ghufronaka

Doa yang kedua tidak umum, namun sering digunakan karena pendek dan mudah dihafalkan. Pilihan ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang susah menghafal, untuk anak-anak hingga lansia.

غُفْرَانَكَ

Baca juga : 5 Doa Sesudah Makan beserta Adab yang Dicontohkan Rasul

Ghuf-raanak

“Ya Allah, hamba memohon ampunan Mu”

Disebut dalam beberapa riwayat, bahwa doa itu diucapkan oleh Rasulullah.

Baca juga : Niat Sholat Idul Adha Secara Berjamaah dan Sendiri Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

“Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam jika keluar dari kamar mandi (toilet) beliau berdoa, Ya Allah, hamba memohon ampunan Mu” (HR. Imam Ahmad no 25.220, Abu Dawud no 30, An-Nasai dalam sunan kubra no 9824, Ibnu Majah no 300, dan At-Tirmidzi no 7)

Alangkah baiknya, menggabungkan doa tersebut dengan bacaan berikut, tak lain agar semakin banyak kebaikan yang kamu dapat.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

Baca juga : Doa Iftitah Muhammadiyah Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Alhamdulillaahil Ladzii Adzhaba ‘Annil Adzaa Wa ‘Aa-faa-nii

“Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari ku dan yang telah menyehatkan ku”

3. Doa Keluar Kamar Mandi versi Panjang

Baca juga : 5 Doa Setelah Sholat Subuh Lengkap dengan Dzikir dan Amalan Lainnya

Selain dua-doa tadi, doa yang cukup panjang ini juga bisa digunakan setelah keluar dari kamar mandi.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Baca juga : Doa Setelah Sholat Fardu Lengkap dengan Dzikir dan Keutamaannya

Artinya:" Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."
Tidak ada doa yang lebih baik di antara pilihan tersebut. Pada intinya, semua menyiratkan mana yang sama. Untuk mengetahui penafsiran doa, kamu bisa lihat selengkapnya di bawah.

Pesan di Balik Doa Keluar Kamar Mandi

Melihat arti dari doa-doa keluar kamar mandi yang dicontohkan di atas, tersirat makna memohon ampun. Tidak sedikit dari para muslim yang mempertanyakan hal ini, mengapa memohon ampun setelah keluar dari kamar mandi.

Ternyata, ada alasan yang kuat di balik arti memohon ampun. Bisa kamu lihat jawabannya di nomor 1. 

Baca juga : Zikir, Doa, Qunut Nazilah untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa

1. Meminta Ampun Kepada Allah

Mohon ampunan melalui doa sehabis ke kamar mandi ditujukan untuk meminta ampun karena sudah meninggalkan dzikir.

Dalam Islam, manusia dianjurkan untuk selalu berdzikir atau mengingat Allah dengan berbagai macam kalimat pujian yang disesuaikan. Sayangnya, ketika di dalam kamar mandi tidak diperbolehkan membaca lafaz Allah.

Baca juga : JSI Sumsel Tutup Tahun dengan Doa Syukur dan Dzikir Bersama Ulama dan Masyarakat

Ampunan tersebut juga ditujukan untuk:

-    Kelemahan diri yang tidak maksimal memanfaatkan kenikmatan Allah, yaitu makan dan minum. Malah terbuang banyak di toilet.

-    Seringkali tidak bersyukur telah merasakan nikmat kelegaan buang kotoran. Padahal, manusia diperintahkan untuk selalu mengingat Allah. Salah satunya dengan tidak lupa berdoa setelah keluar dari kamar mandi.

Baca juga : Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

Akan tetapi, tidak sedikit yang meragukan tafsir dari alasan yang kedua. Paling sahih, ampunan dalam doa setelah keluar WC ditujukan untuk minta diampuni karena sudah berhenti berdzikir.

Tidak boleh bagi seorang muslim berdzikir di dalam toilet karena di situ adalah tempat pembuangan kotoran, di mana merupakan tempat yang tidak suci serta disukai setan. Seperti dalam riwayat Bukhari.

"Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal," kata iblis. Allah SWT berfirman; "Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban), (HR. Bukhari).

Baca juga : Arti Tafakur, Jenis, Cara, dan Manfaatnya untuk Umat Islam

Iblis bisa menjadi penyebab manusia tergoda untuk berlama-lama di kamar mandi sehingga semakin lama menunda dzikir. Dengan cara menggodanya untuk bernyanyi, bergosip, bersuara keras, dan bermain air.

Jadi, itulah tadi sejumlah alasan mengapa arti dari doa keluar dari kamar mandi tentang ampunan.

2. Pengingat untuk Berdzikir

Baca juga : Pengertian Istiqomah, Contoh, dan Cara Mengamalkannya

Berkaitan dengan nomor 1, doa meminta ampunan setelah keluar dari WC sebenarnya merupakan pengingat agar manusia senantiasa berdzikir. Seringkali, kita lupa berdzikir meski sedang tidak ke kamar mandi. Dipakai untuk bersantai berlebihan sampai lupa sama sekali untuk berzikir.

Setidaknya, sesekali mengucap subhanallah, allahuakbar, atau laa ilaaha illallaah. Tidak lain merupakan sebagai bentuk dari rasa bersyukur bahwa Allah telah banyak menyayangi kita, dengan memberikan oksigen, kesehatan, makanan yang mengenyangkan, dan lain-lain.

3. Mensyukuri Nikmat

Baca juga : Bacaan Dua Kalimat Syahadat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Syukur nikmat adalah makna lain yang tersirat di balik doa keluar WC. Nikmat yang dimaksud adalah:

-    Karena sudah diberikan kemudahan karena sudah diberikan kelegaan dalam membuang kotoran dari tubuh dan dihindarkan dari penderitaan sulit buang air,

-    serta diberikan kemampuan untuk membersihkan diri sehingga bebas dari kotoran najis dan penyakit.

Baca juga : Doa Memulai Pekerjaan Arab, Latin, dan Terjemahnya

4. Menjalankan Sunah Rasul

Pesan terakhir dibalik doa tersebut yaitu mengikuti sunnah Rasul. Tidak hanya dinilai taat kepada Allah, mengikuti sunnah juga memberikan pahala.
“Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. ..." (An-Nisa: 80)

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“ (HR Ibnu Majah)

Baca juga : Doa Zikir setelah Salat Fardu Lima Waktu Arab, Latin, Terjemah

Adab Keluar Kamar Mandi

Adab keluar kamar mandi turut diatur dalam Islam. Berupa perilaku baik, sementara yang buruk dilarang. Peraturan ini menjadi bagian dari ibadah, sehingga ketika kamu mengikutinya akan mendapatkan pahala maupun kebaikan.

1. Membersihkan Diri dengan Tangan Kiri

Islam telah mengkategorikan penggunaan tangan kanan dan kiri. Kanan untuk melakukan hal-hal baik, yaitu bersedekah, mengulurkan tangan untuk membantu, makan, dan lain-lain. Berbanding terbalik dengan tangan kiri yang lebih diperuntukkan untuk membersihkan hadas atau kotoran setelah buang air kecil maupun besar.

Baca juga : Amalan Selawat agar Rasulullah Temui Kita saat Sakaratul Maut

2. Mencuci Tangan

Setelah buang air, dianjurkan untuk mencuci tangan dengan bersih. Menggunakan sabun sampai tidak meninggalkan bau sedikitpun.

3. Mengelap Badan Hingga Kering

Baca juga : UAS Ungkap Amalan agar Dagangan Laris Manis Usaha Lancar Jaya

Adab yang baik sebelum keluar kamar mandi yaitu memastikan agar pakaian tidak basah dengan mengelap bagian badan sampai kering. Dengan begitu, penampilan maupun kesehatan kulit kamu tidak terganggu. Tetap indah dan sehat.

4. Menggunakan Pakaian yang Pantas

Maksud dari poin ini adalah memeriksa kerapian pakaian yang kamu kenakan. Apakah sudah menutupi aurat dengan baik atau tidak, apakah sudah rapi atau tidak, dan apakah menimbulkan fitnah atau tidak.

Baca juga : Agar Urusan Dipermudah, Baca Basmalah dan Rahasia Angka 19

5. Menyiram Bekas Kotoran

Tidak lupa untuk menyiram area kamar mandi sampai tidak ada kotoran bekas tubuh kita yang tersisa. Hal ini mencerminkan keislaman kita karena Islam mencintai kebersihan.

6. Menutup Kran Air

Baca juga : Agar Anak Terhindar Zina, Bacakan Dua Surat Al-Quran Ini

Perilaku baik yang diwajibkan bagi seorang muslim sebelum keluar kamar mandi yaitu menutup keran. Sederhana, namun tidak sedikit yang melupakan tugas tersebut. Padahal, melalaikan hal tersebut dapat mengakibatkan mubazir air yang berujung dosa dan bisa merugikan orang lain.

7. Keluar dengan Kaki Kanan Terlebih Dahulu

Apabila sudah melakukan serangkaian perilaku tadi, bersiap keluar dengan kaki kanan terlebih dahulu sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat HR Bukhari.
“Rasulullah SAW lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR Bukhari)

Baca juga : Sulit Punya Usaha, Pekerjaan, Rumah? Habib Luthfi Ijazahkan Amalan Ini

8. Membaca Doa Keluar Kamar Mandi

Setelah keluar dari kamar mandi, dilanjutkan dengan berdoa. Pastikan kamu berdoa di luar area kamar mandi yang diharamkan untuk melafazkan nama Allah. Sekalipun area kamar mandi itu bersih, sebaiknya diucap di luar area tersebut.

9. Membayar, Lalu Pergi

Baca juga : Dua Zikir Penolak Kefakiran dan Kesempitan Rezeki dari KH Miftachul Akhyar

Terakhir yaitu membayar. Adab ini khusus diterapkan pada saat kita menggunakan toilet umum yang menerapkan tarif. Setelah membayar, barulah diperbolehkan meninggalkan tempat. Itu adalah perbuatan yang baik, yang disenangi oleh Allah.

Terdengar sederhana, namun beberapa adab tadi seringkali diabaikan dengan alasan “ribet”. Namun, bagi kamu yang mematuhi adab ini sekaligus membaca doa di atas, secara tidak langsung mencerminkan Islam sebagai agama yang baik, serta mendapatkan pahala. Amalkan doa dan adab tersebut tiap kali keluar dari kamar mandi.

Baca juga : Bacaan Dzikir Pagi sesuai Sunah, Pembuka Pintu Rezeki

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat