visitaaponce.com

Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Zikir

Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Zikir
freepik(freepik)

Doa setelah sholat menjadi momen paling istimewa bagi setiap umat muslim. Karena melalui doa inilah kita dapat meminta apapun yang diharapkan karena Allah adalah Maha Pengasih dan juga Penyayang.

Namun, istilah doa yang dipahami kebanyakan orang masih sebatas soal “keinginan”, bukan doa yang bernilai spiritual tinggi seperti halnya yang dibaca para ulama setelah selesai memimpin shalat.

Pasalnya, doa tersebut menyimpan makna mendalam hingga meningkatkan kemungkinan terkabulnya harapan yang dipanjatkan. Karena itulah banyak orang ingin mengetahuinya.

Baca juga : 3 Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Beserta Tulisan Latin Lengkap

Berikut kami berikan panduannya yang bisa diterapkan setelah selesai melaksanakan shalat fardhu, seperti Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya.

Makna Doa, Lebih dari Sekadar “Minta” ke Allah 

Doa artinya permohonan. Berdoa kepada Allah, artinya kita memohon kepada-Nya tentang sesuatu agar dikabulkan. Contoh: “Ya Allah, berikanlah Aku rezeki yang banyak, buatlah aku bahagia, dan lancarkan kehidupanku…”

Islam menganggap doa lebih dari sekadar itu, tetapi sebuah bentuk berserah diri kepada Allah yang menunjukkan perilaku merendahkan diri dan tidak bersikap sombong di hadapan-Nya. Juga merupakan sarana mendekatkan diri. Karena itulah, setiap umat Islam dianjurkan untuk berzikir. 

Baca juga : 5 Doa Setelah Sholat Subuh Lengkap dengan Dzikir dan Amalan Lainnya

Dalam zikir sering menyebutkan kebesaran Allah yang menunjukkan bahwa kita hanyalah seorang hamba. Tentu saja, disertai dengan serangkaian doa khusus yang akan memperbesar dikabulkannya doa inti kita, entah itu terkait dengan rezeki, hubungan dengan manusia, dan lain sebagainya. 

Apa itu Zikir dan Mengapa Penting Sebelum Doa?

Zikir artinya mengingat. Yang diingat di sini adalah Allah. Jadi, orang yang berzikir adalah orang yang mengingat Allah.

Alasan mengapa zikir itu diutamakan sebelum berdoa yaitu sebagai upaya mengingatkan diri bahwa hanya Allah yang dapat mengabulkan permintaan. Dialah yang Maha Besar dan Maha Segalanya.

Baca juga : 3 Doa Berhubungan Suami-Istri, Sebelum dan Sesudahnya

Dengan begitu, kita jadi lebih yakin dengan doa yang diharapkan akan terkabul, tentunya dibarengi dengan usaha.

Sederhananya seperti itu terkait zikir. Adapun manfaat zikir sebelum doa bisa kamu lihat dalam penjelasan di bawah ini supaya mengamalkan zikir dan doa bukan lagi semata-mata karena urusan duniawi saja.

Jika Kamu Rajin Berzikir Sebelum Berdoa

Baca juga : UAS Ungkap Amalan agar Dagangan Laris Manis Usaha Lancar Jaya

Inilah yang akan kamu dapat jika sering berzikir sebelum berdoa, melebihi dari apa yang kamu ekspektasikan.

1. Allah akan Mengingatmu

Sebelumnya, dikatakan bahwa berzikir adalah mengingat Allah. Sebagaimana manusia, Allah pun senang diingat-ingat. 

Baca juga : Sulit Punya Usaha, Pekerjaan, Rumah? Habib Luthfi Ijazahkan Amalan Ini

Jika kita menyenangi seseorang, kita cenderung bersikap baik kepadanya, ingin memberinya banyak kebaikan dan kebahagiaan. Apalagi Allah Sang Maha Segala yang mampu memberikan apapun, bahkan lebih dari yang kita harapkan hanya dengan mengingatnya melalui zikir.

Itulah kenapa orang yang berzikir sebelum berdoa dikatakan sebagai orang yang beruntung. Entah diberikan keberuntungan dalam bentuk kesehatan, rezeki yang berlimpah, ketentraman keluarga, dan lain-lain. 

2. Zikir Menghindari Kamu dari Perbuatan Kurang Baik

Baca juga : Dua Zikir Penolak Kefakiran dan Kesempitan Rezeki dari KH Miftachul Akhyar

Mengingat Allah dengan zikir tidak hanya meningkatkan keberuntungan hidup, melainkan menghindari kamu dari perbuatan yang tidak baik.

Sederhananya, karena sering mengingat Allah, jadi segan ingin berbuat dosa. Segan membicarakan keburukan orang, segan menyakiti orang lain dengan kata-kata yang buruk, dan segan lainnya yang dapat menimbulkan dosa dan menghalangi doa kita terkabul.

Jadi, jika kamu sering tanpa sadar melakukan hal-hal yang dapat mengurangi amalan, sebaiknya biasakan berzikir sebelum berdoa setelah shalat.

Baca juga : Doa Masuk Rumah Latin dan Artinya, Serta Keutamaannya

3. Menenangkan Hati dan Pikiran

Inilah alasan mengapa zikir sering dikatakan sebagai obat jiwa. Saat berzikir, jadi berfokus hanya mengingat Allah sebagai Maha Segalanya, yang mampu mengurus segala permasalahan yang meresahkan jiwa, mendengarkan curhatan umatnya tanpa rasa khawatir, ditambah doa sebagai upaya berserah bahwa apa yang direncanakan-Nya adalah yang terbaik.

Demikian, membuat seseorang menjadi tenang hati dan pikirannya. Sholat, zikir dan doa memang sebuah kombinasi yang sempurna bagi kebaikan kita yang menjamin kebahagiaan dunia dan akhirat.

Baca juga : 5 Doa Sesudah Makan beserta Adab yang Dicontohkan Rasul

Bacaan Zikir Sholat 5 Waktu dari Awal sampai Akhir

Sebenarnya, zikir bisa dilakukan sepanjang hari, baik pagi, siang maupun malam (Q.S. Taha [20]: 130; al-Taubah [24]: 36-37; Ali Imran [3] 41). Hal tersebut menunjukkan bahwa zikir/mengingat Allah memang seharusnya dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Namun, ada juga yang menyebutkan dianjurkan berzikir setiap selesai shalat. Boleh dilakukan sendiri maupun berjamaah, dan sebaiknya dilafalkan dengan suara yang pelan.

Adapun bacaan zikir dari awal sampai akhir disertai doa bisa kamu lihat selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Lima Doa sebelum Mencoblos Surat Suara di TPS

1. Membaca istigfar 3x.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahal 'adziim.

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin, Arab dan Artinya

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung."

2. Membaca zikir Allhumma Antas Salam 1x.

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya, Amalkan Setiap Hari ini Manfaatnya

Arab Latin: Allahumma antassalam, waminkassalam, wa Ilaika ya'udussalam fahayyina rabbana bissalam wa-adkhilnal jannata daras salaam tabaarakta rabbanaa wata'aalayta yAa dzaljalaali wal ikraam.

Artinya: "Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari pada-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerahMu dan Maha Tinggi Engkau Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan.

3. Khusus Subuh dan Magrib, melanjutkan bacaan ini 10x.

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

لا إلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَريكَ لَهُ ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ ؛ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ 

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariika lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu, biyadihil-khairi, yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir. (10x).

Artinya: Tiada sesembahan selain Allah semata dan satu-satunya. Tiada sekutu atasNya, Milik-Nyalah segala kekuasaan dan kerajaan dan bagi-Nya setiap pujian, dalam genggaman-Nyalah segala kebajikan, Ia yang Maha menghidupkan lagi mematikan, dan Dialah Zat yang Maha berkuasa atas segala sesuatu.

Baca juga : 4 Doa Mandi Wajib, Beserta Tata Cara yang Benar Sesuai Sunnah

4. Khusus Subuh melanjutkan bacaan ini 7x.

اَللهم أَجِرْنَا مِنَ النَّارِ.

Allahumma ajirnii minan-naar (7x).

Baca juga : Zikir, Doa, Qunut Nazilah untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa

Ya Allah lindungi aku dari neraka

5. Khusus Magrib, melanjutkan bacaan ini 7x.

اللهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النّار .

Baca juga : JSI Sumsel Tutup Tahun dengan Doa Syukur dan Dzikir Bersama Ulama dan Masyarakat

Allahumma innii as`alukal-jannah, Allahumma ajirnii minan-naar.

Artinya: Ya Allah aku meminta pada-Mu surga. Ya Allah lindungi aku dari Neraka

6. Dilanjutkan dengan membaca Laa ilaaha ilallaahu wahdahu laa syariika lahu,… 1x.

Baca juga : Kumpulan Doa Hujan, Ada yang Diucapkan Langsung oleh Nabi Muhammad Saw

لاَ إِلَٰهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، لَا إِلَٰهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحُسْنُ، لَا إِلَٰهَ إِلاَّ اللَّهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ.

Laa ilaaha ilallaahu wahdahu laa syariika lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu, biyadihil-khairi, wa huwa ‘alaa kulli syai`in qadiir. Laa haula wa laa quwwata illaa billaahi, laa ilaaha illallaahu, wa laana’budu illaa iyyaahu, lahun-ni’mah wa lahul fadhlu wa lahuts-tsanaa`ul-husna, laa ilaaha illallaahu mukhlishiina lahuddiina wa law karihal-kaafiruuna.

Artinya: Tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan dan pujian, di tangan-Nya kebaikan, Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah dan kami tidak beribadah kecuali kepada Allah, milik-Nya segala kenikmatan, karunia, dan sanjungan yang baik, tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, kami mengikhlashkan agama untuk-Nya, walaupun orang-orang kafir benci.

Baca juga : Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

7. Dilanjutkan dengan membaca A Lima a Thoita 1x.

اللَّهُمَّ لأَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا رَادَّ لِمَا قَضَيْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَى ی الحدِّ مِنْكَ الحد

Arab Latin: Allahumma laa maani'a lima a'taita walaa mu'tiya lima mana'ta wala radda lima qadhaita wa laa yanfa'u dzaljadda minkaljadd.

Baca juga : Doa Nisfu Sya'ban Lengkap dengan Arab, Latin, Arti, Serta Keutamaannya

Artinya: "Ya Allah tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau cegah, dan tidak ada yang bisa menolak ketetapan Mu. Tidak berguna kekayaan dan kemulian itu bagi pemiliknya. Hanya dari-Mu kekayaan dan kemulian."

8. Membaca Ayat Kursi 1x.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ ٢٥٥

Baca juga : 3 Doa Berbuka Puasa yang Umum dan Boleh Dilafalkan oleh Umat Muslim, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Ayat Kursi latin: Allāhu lā ilāha illā huw(a), al-ḥayyul-qayyūm(u), lā ta'khużuhū sinatuw wa lā naum(un), lahū mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ(i), man żal-lażī yasyfa'u 'indahū illā bi'iżnih(ī), ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭūna bisyai'im min 'ilmihī illā bimā syā'(a), wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ(a), wa lā ya'ūduhū ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm(u).

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi.

Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Mahatinggi lagi Mahaagung.

Baca juga : Doa-Doa Mohon Rezeki dan Kaya yang Dipanjatkan Rasulullah

9. Membaca Allahumma a‘inniii… 1x

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma a‘innii ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika

Baca juga : Doa Pembuka Rezeki Agar Dilancarkan dan Berlimpah

Artinya: Ya Allah tolonglah aku dalam mengingatMu, dan bersyukur pada-Mu dan beribadah secara baik kepada-Mu.

10. Membaca tasbih 33x, tahmid 33x, dan takbir 33x.

سُبْحَانَ اللهِ (۳۳×) اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (۳۳×) اللهُ أَكْبَرُ (۳۳×)

Baca juga : Doa Zikir setelah Salat Fardu Lima Waktu Arab, Latin, Terjemah

Latin: Subhanallah (33x) Alhamdulillah (33x) Allahu akbar (33x).

Artinya: "Mahasuci Allah (33x)" "Segala puji bagi Allah (33x)" "Allah Mahabesar (33x)."

11. Membaca Surah al-Ikhlas 1x

Baca juga : Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Latin: Qul huwalloohu ahad. Alloohush shomad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakul lahuu kufuwan ahad.

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia." (QS. Al Ikhlas: 1-4).

Baca juga : Doa setelah Salat Dhuha, Insyallah Mempermudah Rezeki

12. Membaca Surah al-Falaq 1x

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّحَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Latin: Qul a'uudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil 'uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.

Baca juga : Jomblo Sulit Cari Jodoh, Ada Ijazah Amalan dari Kiai

Artinya: "Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki'". (QS. Al Falaq: 1-5).

13. Membaca Surah al-Nas 1x.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Baca juga : Rezeki Lancar dengan Baca Amalan Selawat Nabi Ini

Latin: Qul a'uudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.

Artinya: "Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.'" (QS. An Nas: 1-6).

Itulah tadi daftar bacaan arab zikir dan latin, lengkap dengan artinya yang mudah diikuti untuk nanti dibaca setelah selesai shalat.

Baca juga : Amalan Selawat agar Rasulullah Temui Kita saat Sakaratul Maut

Setelah selesai melafalkan sejumlah bacaan zikir tadi, dilanjutkan dengan doa setelah shalat khusus di bawah ini.

Doa Setelah Sholat yang Singkat dan Mudah Dihafal

Doa setelah sholat ini dikenal dengan sebutan doa Robbana Dholamna Anfusana yang merupakan penggalan dari Surah al-A’raf ayat 23. Memiliki makna yang mendalam untuk meminta ampunan atau bertaubat atas dosa-dosa yang telah dilakukan. 

Selain itu, doa tersebut tidak terlalu panjang sehingga mudah dihafalkan dan tidak banyak memakan waktu lama membacanya. 
Karena beberapa alasan itulah doa ini sering dipilih banyak orang untuk dibaca setelah selesai shalat, baik itu setelah shalat fardhu maupun sunnah.

Baca juga : Agar Urusan Dipermudah, Baca Basmalah dan Rahasia Angka 19

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad dalam tulisan arab 

Artinya adalah “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad."

Baca juga : Agar Anak Terhindar Zina, Bacakan Dua Surat Al-Quran Ini

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin

Artinya: Wahai Pemelihara kami (Ya Tuhan Kami), sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi.

Baca juga : Buka Rezeki, Baca Selawat Khidiriyah Ijazah dari para Kiai

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا.

Latinnya adalah Allahummagh firlii wa liwaa lidhayya warkham humaa kamaa rabbayaa nii shoghiroon

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Baik ibu maupun bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba'dal maut.Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indah hisab.

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).

رَبَّنَاا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari.

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma'iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Artinya: Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Macam-macam Doa Setelah Sholat dan Artinya

Tidak hanya bacaan tadi saja, doa setelah sholat itu beraneka ragam. Tergantung dari kebutuhan yang kamu perlukan. Apapun doanya, Allah pasti mengabulkan. Akan tetapi, jangan lupa untuk menerapkan adab ya.

Seperti halnya meminta tolong pada manusia, kita harus memperhatikan sejumlah aturan. Seperti berpakaian rapi, berbicara sopan, basa-basi, dan lainnya agar pesan tersampaikan dengan baik bagi penerima pesan tersebut.

Begitupun dengan Allah. Sebelum berdoa, perhatikan adab berikut:

1.    Menutup aurat
2.    Niat berdoa karena Allah
3.    Bersuara pelan
4.    Memulai doa dengan memuji Allah dan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang tertera dalam zikir
5.    Mengangkat tangan
6.    Khusyu
7.    Menjauhkan diri dari sifat riya, yaitu berdoa karena memiliki maksud yang kurang baik semisal ingin pamer kepada orang lain setelah mendapatkan apa yang diharapkan
8.     Mengakhiri doa dengan hamdalah

Jika sudah memperhatikan adab, kamu bisa mengucapkan bacaan doa setelah sholat berikut. Masing-masing ditujukan untuk maksud yang berbeda.

1. Doa Minta Diterima Sholat

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

"Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku’ana wa sujudana wa qu’udana wa tadharru’ana wa takhasysyu’ana wa ta’abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal alamin".

Artinya: “Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rebah kami, kerendahdirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama kami menunaikan sholat Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam".

2. Doa Minta Ampun

رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا، وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ

“Rabbana faghfirlana zunubana wa kaffir anna sayyiatina wa tawaffana maal abrar”

Artinya: Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti ”.

3. Doa Mohon Keselamatan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba'dal maut.Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indah hisab.

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).

4. Doa Mohon Keridhoan

أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ

Arab latin: Allāhumma innī as'aluka ridhāka wal jannah, wa a'ūdzu bika min sakhathika wan nār.

Artinya: "Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu."

5. Doa untuk Kedua Orang Tua

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbigh firlii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaani shaghiiraa

Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa dari kedua orang tuaku. Sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil.

6. Doa Mohon Keluarga Sakinah

ربنا هب لنا من أزواجنا وذرياتنا قرة أعين واجعلنا للمتقين إماماً

Rabbana hab lana min azwajina wa-dhurriyatina qurrata a'yunin wa-j'alna lil-muttaqina imama.

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan-pasangan kami dan keturunan-keturunan kami sebagai penyejuk mata (bagi kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

7. Doa Dimudahkan dalam Segala Urusan

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْن.

Ya Hayyu Ya Qayyum, biraḥmatika astaghits, asliḥ lii sya'ni kullah, wa laa takilnii ilaa nafsii ṭarfata 'ain.

Artinya: "Wahai Zat yang Mahahidup. Wahai Zat yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan. Perbaikilah seluruh urusanku dan janganlah Engkau serahkan kepadaku meski hanya sekejap mata."

8. Doa Minta Kebaikan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَاا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari.

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka.
Itulah tadi doa setelah sholat. Setelah membaca zikir dan doa, kamu bisa melanjutkan dengan doa spesifik yang ingin kamu sampaikan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat