visitaaponce.com

WHO Penggunaan Alkohol dan Rokok Elektronik di Kalangan Remaja Mengkhawatirkan

WHO: Penggunaan Alkohol dan Rokok Elektronik di Kalangan Remaja 'Mengkhawatirkan'
Ilustrasi - Data survei menunjukkan tren meningkatnya konsumsi zat di kalangan anak muda, dengan sebagian besar remaja telah mencoba alkohol(Freepik)

PENGGUNAAN alkohol dan rokok elektronik yang meluas di kalangan remaja dinilai "mengkhawatirkan", menurut laporan yang dirilis, Kamis, oleh cabang Eropa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang merekomendasikan langkah-langkah untuk membatasi akses.

Berdasarkan data survei dari 280.000 anak muda berusia 11, 13, dan 15 tahun di Eropa, Asia Tengah, dan Kanada, WHO menyatakan laporan tersebut menunjukkan "gambaran yang mengkhawatirkan" tentang penggunaan zat di kalangan remaja.

"Konsekuensi jangka panjang dari tren-tren ini signifikan, dan pembuat kebijakan tidak boleh mengabaikan temuan-temuan yang mengkhawatirkan ini," kata badan kesehatan itu.

Baca juga : WHO Desak Larangan Vape Beraroma, Langkah Kritis untuk Lindungi Kesehatan Global

Laporan tersebut menemukan 57% remaja berusia 15 tahun telah minum alkohol setidaknya sekali. Bagi perempuan, angka tersebut adalah 59%, dibandingkan dengan 56% untuk laki-laki.

WHO mencatat secara keseluruhan, konsumsi alkohol telah menurun bagi laki-laki, sementara meningkat bagi perempuan.

Ketika datang ke penggunaan saat ini -- yang didefinisikan sebagai minum setidaknya sekali dalam 30 hari terakhir -- delapan persen dari anak laki-laki berusia 11 tahun melaporkan telah melakukannya, dibandingkan dengan 5% dari perempuan.

Baca juga : Penjualan Rokok Ketengan Bisa Meningkatkan Perokok Remaja

Namun, pada usia 15 tahun, perempuan telah melampaui laki-laki, dengan 38% perempuan mengatakan mereka telah minum setidaknya sekali dalam 30 hari terakhir, sementara hanya 36% laki-laki yang melakukannya.

"Temuan ini menyoroti ketersediaan dan normalisasi alkohol, yang menunjukkan kebutuhan mendesak akan langkah-langkah kebijakan yang lebih baik untuk melindungi anak-anak dan remaja dari bahaya yang disebabkan oleh alkohol," kata WHO Eropa - yang menghimpun 53 negara termasuk beberapa di Asia Tengah.

Selain itu, 9% remaja melaporkan pernah mengalami "mabuk yang signifikan" -- pernah mabuk setidaknya dua kali.

Baca juga : Deteksi Faktor Risiko Penyakit Jantung sebagai Antisipasi Infeksi Covid-19

WHO mengatakan tingkat ini naik dari 5% di kalangan remaja berusia 13 tahun menjadi 20% untuk remaja berusia 15 tahun, "menunjukkan tren eskalasi dalam penyalahgunaan alkohol di kalangan remaja".

Laporan tersebut juga menyoroti peningkatan penggunaan rokok elektronik - sering disebut sebagai vape - di kalangan remaja.

Sementara merokok menurun, dengan 13% anak berusia 11-15 tahun merokok pada tahun 2022, dua poin persentase lebih rendah dari empat tahun sebelumnya, laporan tersebut mencatat bahwa banyak dari mereka malah beralih ke rokok elektronik - yang telah menggantikan rokok di kalangan remaja.

Baca juga : Rokok Batangan Jadi Pemicu Kenaikan Prevalensi Perokok Remaja

Sekitar 32% remaja berusia 15 tahun pernah menggunakan rokok elektronik, dan 20% melaporkan pernah menggunakan rokok elektronik dalam 30 hari terakhir.

"Penggunaan zat berbahaya secara luas di kalangan anak-anak di banyak negara di Seluruh Kawasan Eropa - dan di luar itu - merupakan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat," kata Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge, dalam sebuah pernyataan.

Kluge menyerukan untuk menaikkan pajak, pembatasan ketersediaan dan iklan, serta larangan terhadap agen perasa.

"Mengambil risiko tinggi selama masa remaja dapat membentuk perilaku dewasa, dengan penggunaan zat pada usia dini dikaitkan dengan risiko kecanduan yang lebih tinggi," kata laporan tersebut.

"Konsekuensinya mahal bagi mereka dan masyarakat," tambahnya.

Penggunaan ganja, sementara itu, sedikit menurun dengan 12% remaja berusia 15 tahun pernah menggunakannya, turun empat poin persentase dalam empat tahun terakhir.

Dilakukan setiap empat tahun oleh WHO, survei HBSC (Health Behaviour in School-aged Children) memeriksa perilaku kesehatan anak berusia 11, 13, dan 15 tahun, dan mencakup bagian tentang penggunaan zat. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat