visitaaponce.com

Foto Satelit Bucha Mentahkan Bantahan Rusia

Foto Satelit Bucha Mentahkan Bantahan Rusia
Foto satelit Kota Bucha, Ukraina.(AFP/Satellite image ©2022 Maxar Technologies)

FOTO satelit, yang dirilis pada Senin (4/4), mementahkan bantahan Rusia bahwa jenazah warga sipil yan ditemukan di Kota Bucha, Ukraina, baru muncul setelah pasukan Rusia menarik diri dari kota tersebut,

Foto satelit jalanan Kota Bucha bertanggal pertengahan Maret memperlihatkan sejumlah jenazah warha sipil berada di pinggir jalan kota tersebut, tempat pejabat Ukraina mengklaim telah menemukan sejumlah jenazah setelah pasukan Rusia mundur dari kota tersebut.

"Citra satelit Maxar, yang mengumpulkan gambar dari Kota Maxar, Ukraina, membuktikan dan menguatkan video dan foto di media sosial bahwa ada sejumlah jenazah warga sipil di jalanan kota itu selama beberapa pekan," ujar juru bicara Maxar Technologies Stephen Wood, Senin (4/4).

Baca juga: Rusia Bantah Lakukan Pembunuhan Massal di Bucha Ukraina

New York Times, yang melakukan analisa terhadap jalan Yablonska di Kota Bucha dengan membandingkan video yang diambil pada 1 dan 2 April dengan yang berasal dari citra satelit Maxar menemukan bahwa mayoritas jenazah itu sudha ada setidaknya selama tiga pekan, saat Rusia masih menguasia kota itu.

Fotografer AFP, yang masuk ke Kota Bucha pada Sabtu (2/4), mengonfirmasi keberadaan 20 jenazah, semuanya berpakaian sipil, beberapa dengan tangan diikat. Kondisi itu langsung menuai kecaman internasional dan membuat Rusia dituding melakukan kejahatan perang.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah tudingan itu dan mengatakan seluruh pasukan Rusia telah mundur dari Bucha pada 30 Maret sementara Kremlin menuding gambar itu dipalsukan oleh Ukraina.

Bantahan itu kembali disuarakan oleh duta besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia yang menegaskan jenazah-jenazah itu tidak ada saat pasukan Rusia mundur dari Bucha.

Dia menuding keberadaan jenazah itu sengaja diatur oleh Ukraina. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat