visitaaponce.com

Gunakan Teknologi Citra Satelit, Polda Sumut Temukan 150 Ha Ladang Ganja

Gunakan Teknologi Citra Satelit, Polda Sumut Temukan 150 Ha Ladang Ganja
Polda Sumut menemukan 150 Ha ladang ganja menggunakan citra satelit dan berhasil memusnakan separuhnya.(MI/Apul)

POLDA Sumatra Utara (Sumut) berhasil menemukan 150 hektare (Ha) ladang ganja yang tersebar di 18 titik di Kabupaten Mandailing Natal (madina). Penemuan ladang ganja terbesar di Indonesia menggunakan teknologi citra satelit yang dipadukan dengan verifikasi lapangan menggunakan drone dan personel kepolisian. 

Penemuan ladang ganja itu merupakan pengembangan dari penangkapan 3 orang kurir asal Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Ketiga kurir itu FHM, 18, FR, 23, dan FE, 16, ditangkap saat
membawa 15 Kg ganja menggunakan mobil sigra di jalan umum Desa Gunung Baringin, Penyabungan Timur, Kabupaten Madina, Rabu (1/11/2023). 

"Dari ketiga kurir tersebut terungkap mereka diperintahkan membawa 15 Kg ganja oleh seorang narapidana kasus narkoba yang mendekam di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA, Padang, Sumbar. Inilah pengendalinya, berinisial ZR alias Kijok," ungkap Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Minggu (12/11/2023).

Baca juga: Polisi Sita 100 Kg Lebih Sabu dan Ganja dalam Tiga Bulan di Sumut

Agung mengungkapkan pemilik lahan yang digunakan menanam tanaman narkoba kategori Kelas A berinisial GN, warga Huta Bangun, Madina, turut ditangkap. 

"Pemburuan ladang ganja oleh Polda Sumut tidak lagi gunakan patroli jalan kaki, melainkan teknologi citra satelit. Kita padukan verifikasinya memakai drone. Hasil dari pembuktian kedua cara tersebut, barulah tim diturunkan mengecek ke lapangan," jelas mantan Deputi Siber Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

Baca juga: Polres Jakbar Musnahkan 94,5 Kg Narkoba Senilai Rp12 Miliar dari 7 Kasus

Diawali membagi dalam tiga Tim Gabungan Polda Sumut guna menyisir dan memusnahkan ganja siap panen dengan ketinggian 30 cm hingga 2 meter. Ladang ganja tersebut tersebar di 10 titik berbeda di Desa Rao-rao, Penyabungan Timur, Kabupaten Madina.

Sedangkan tim lainnya bergerak ke Desa Huta Tua, Penyabungan Timur, Madina, menemukan 8 titik ladang ganja yang sudah siap panen.

Agung menjelaskan ladang ganja yang tersebar di 9 titik sudah dimusnakan dan barang bukti diturunkan. Masih tersisa 9 lagi yang belum dimusnahkan. 

"Pemberantasan ladang ganja di Madina terkendala dengan lokasi yang berada di perbukitan dan pegunungan bermedan. Walau demikian, komitmen kita memberantas Narkoba sebagai musuh bersama," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat