visitaaponce.com

Dewan Keamanan PBB Tolak Permintaan Penyelidikan Nord Stream

Dewan Keamanan PBB Tolak Permintaan Penyelidikan Nord Stream
Kebocoran pipa gas Nord Stream di Laut Baltik(AFP )

RUSIA gagal membuat Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memenuhi permintaan penyelidikan independen atas ledakan pipa gas Nord Stream, yang menghubungkan Rusia dan Jerman. Akibat ledakan itu gas tumpah ke Laut Baltik.

Hanya tiga negara yang memberikan dukungan terhadap Rusia. Mereka ialah Rusia, Tiongkok, dan Brasil. Sedangkan 12 negara anggota DK PBB lainnya memillih abstain. 

Sebuah resolusi membutuhkan setidaknya sembilan suara yang mendukung dan tidak ada veto dari Rusia, Tiongkok, Prancis, Amerika Serikat (AS) atau Inggris untuk disahkan. Rusia mengajukan rancangan resolusi tersebut bulan lalu.

Baca juga: Kurang Pasokan Air, Ukraina Khawatirkan Kenaikan Temperatur PLTN Zaporizhzhia

"Tanpa investigasi internasional yang objektif dan transparan, kebenaran tidak akan terungkap atas apa yang terjadi," kata Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, kepada dewan sebelum pemungutan suara.

Ledakan pipa tersebut terjadi di zona ekonomi eksklusif Swedia dan Denmark. Bulan lalu, Swedia, Denmark, dan Jerman mengatakan investigasi mereka masih berlangsung dan Rusia telah diberitahu.

Baca juga: 

Dalam sebuah surat bersama kepada DK PBB, mereka mengatakan kerusakan tersebut disebabkan ledakan kuat akibat sabotase. AS dan NATO juga menyebut insiden tersebut sebagai tindakan sabotase.

Sebagian besar anggota DK PBB yang abstain pada Senin (27/3) mengatakan investigasi nasional harus diizinkan untuk menyimpulkan, sebelum mempertimbangkan tindakan yang perlu dilakukan PBB. 

Rusia mengeluh mereka tidak diberi informasi mengenai investigasi nasional yang sedang berlangsung. Moskow bersikukuh, tanpa memberikan bukti, bahwa Barat berada di balik ledakan tersebut.

"Amerika Serikat sama sekali tidak terlibat. Titik," kata Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood.

Dia menuduh Rusia mencoba mendiskreditkan hasil investigasi nasional yang sedang berlangsung dan merugikan setiap kesimpulan yang mereka capai yang tidak sesuai dengan narasi politik yang telah ditentukan sebelumnya. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat