visitaaponce.com

Libanon Adukan Israel ke Dewan Keamanan PBB

Libanon Adukan Israel ke Dewan Keamanan PBB
Ilustrasi(Medcom.id)

Libanon mengadukan Israel ke Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres dan Dewan Keamanan PBB, Sabtu (8/4) waktu setempat. Pengaduan tersebut terkait dengan pelanggaran berupa serangan yang dilakukan Israel ke wilayah Libanon Selatan.

Melalui surat itu, pemerintah Libanon mengutuk serangan yang dilakukan oleh Israel pada Jumat (7/4) fajar. Beirut juga menuntut Tel Aviv bertanggung jawab atas dampak dari setiap peningkatan insiden yang akan memanaskan situasi di perbatasan Lebanon selatan.

“Libanon meminta PBB untuk mewajibkan Israel menghentikan pelanggarannya terhadap kedaulatan Libanon melalui udara, darat, dan laut,” tulis surat tersebut.

Baca juga: Israel Lakukan Serangan Ke Libanon dan Jalur Gaza

PBB juga diminta menekan Israel untuk menghentikan ancaman terus-menerus terhadap perdamaian dan keamanan, dan melaksanakan semua kewajibannya sesuai dengan Resolusi 1701. Sebagaimana diketahui, Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701 menyerukan penghentian penuh permusuhan dan mendesak penarikan pasukan Israel dari Libanon selatan.

Dalam beberapa hari terakhir, eskalasi kekerasan terjadi di seluruh wilayah Palestina setelah pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur. Mereka juga secara paksa mengeluarkan jamaah dari kompleks itu selama dua malam berturut-turut pada Selasa (4/4) dan Rabu (5/4).

Baca juga: Tak Hanya Militer, Pemukim Israel Juga Ikut Tindas Warga Palestina

Serangan Israel di masjid tersebut memicu tembakan roket balasan dari Jalur Gaza dan Lebanon yang diyakini dilakukan Hamas. Serangan itu kemudian dibalas lagi oleh Israel dengan tembakan udara dan artileri. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat