visitaaponce.com

Partai Republik Melambatkan Pembicaraan Krisis Utang Amerika Serikat

Partai Republik Melambatkan Pembicaraan Krisis Utang Amerika Serikat
Ancaman gagal bayar Amerika Serikat (AS) meningkat setelah "jeda" dalam pembicaraan batas utang antara Gedung Putih dan Partai Republik.(AFP)

ANCAMAN gagal bayar Amerika Serikat (AS) meningkat setelah "jeda" dalam pembicaraan batas utang antara Gedung Putih dan oposisi Partai Republik, karena kedua belah pihak saling berselisih.

Negosiator Presiden Joe Biden terlibat dalam pembicaraan dengan Republik untuk mencapai kesepakatan, dalam meningkatkan batas pinjaman AS. Diharapkan negosiasi itu dapat mencegah gagal bayar pada utang negara terbesar di dunia.

"Kami harus melakukan jeda," kata pemimpin Republik Kevin McCarthy kepada wartawan di Kongres, sambil menambahkan bahwa "kita tidak dapat menghabiskan lebih banyak uang tahun depan."

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Hadiri KTT G7 di Jepang

Gagal bayar dapat menciptakan kekacauan di pasar global. Indeks saham AS, yang sebelumnya mengalami tren positif, berubah arah setelah berita tersebut. Para investor pun khawatir mengawasi perkembangan pembicaraan tersebut.

Republikan mengatakan bahwa Biden harus setuju untuk melakukan pemotongan pengeluaran sebagai imbalan dukungan mereka dalam meningkatkan batas utang, mengabaikan tuntutan berulang dari Demokrat untuk meningkatkan batas pinjaman tanpa syarat.

Baca juga: Gedung Putih Optimistis Atasi Gagal Bayar

Demokrat memandang pembicaraan ini sebagai kesempatan untuk membahas anggaran mendatang menjelang tanggal 1 Juni. Departemen Keuangan memperkirakan Amerika Serikat bisa mulai gagal bayar pada utangnya, dengan konsekuensi ekonomi yang serius.

Pada Jumat, Gedung Putih mengatakan masih ada perbedaan yang signifikan antara kedua belah pihak terkait anggaran.

"Terjadi perbedaan nyata antara partai mengenai isu anggaran dan pembicaraan akan sulit," kata seorang pejabat Gedung Putih dalam pernyataan.

"Tim Presiden sedang bekerja keras mencari solusi bipartis yang masuk akal dan dapat disetujui oleh DPR dan Senat."

Mengurangi pengeluaran

Jeda tak terduga dalam pembicaraan ini terjadi satu hari setelah optimisme McCarthy dapat mengajukan RUU ke DPR minggu depan. Meski begitu, dia mengindikasikan kesepakatan dalam prinsip harus ada pada hari Minggu atau Senin agar hal itu terjadi.

Pada Jumat, negosiator utama Republikan dalam pembicaraan, anggota kongres Garret Graves dan Patrick McHenry, tiba-tiba meninggalkan sesi negosiasi bersama McCarthy dan tidak memiliki rencana untuk kembali, seperti yang dilaporkan oleh situs berita politik Punchbowl News.

"Kami memiliki perbedaan dalam banyak isu," kata McHenry, menurut NewsNation.

Titik paling krusial dilaporkan adalah pengurangan pengeluaran federal hingga 2022 yang diminta Kelompok Kemerdekaan sayap kanan Partai Republik di DPR, yang memiliki sekitar satu per lima anggota.

Total pemotongan yang diminta Republikan sebagai imbalan mendukung peningkatan batas utang adalah sekitar US$130 miliar. Mereka juga ingin mempercepat proyek produksi energi domestik, menyederhanakan proses perolehan izin untuk pipa dan kilang, serta mengambil kembali dana bantuan covid yang tidak terpakai.

Saat batas waktu semakin dekat, Demokrat di kedua kamar Kongres semakin tidak setuju dengan tuntutan Republikan."Republikan mengancam merusak ekonomi kita kecuali kita memangkas program Medicare, mengusir ribuan orang dari perumahan umum, dan membuat hampir SEJUTA orang Amerika kehilangan pekerjaan," tulis Nanette Barragan, pemimpin Congressional Hispanic Caucus, di Twitter.

"Rencana mereka meletakkan politik di atas kepentingan masyarakat. KITA HARUS segera melewati batas utang tanpa syarat."

Joe Biden, yang sedang menghadiri pertemuan puncak G7 pemimpin dunia di Jepang, memutuskan untuk memotong kunjungannya ke wilayah tersebut dan kembali ke Washington pada hari Minggu untuk mencoba mencapai kesepakatan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat