visitaaponce.com

AS, Jepang, dan Korea Selatan Bahas Kerja Sama Trilateral

AS, Jepang, dan Korea Selatan Bahas Kerja Sama Trilateral
AS menekankan perlunya kerja sama trilateral dengan Korsel dan Jepang.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menekankan pentingnya kerja sama trilateral yang berkelanjutan dengan mitranya, dari Korea Selatan dan Jepang.

Pembicaraan dengan para mitra itu, dilakukan ketika Korea Utara telah meningkatkan peluncuran rudal pada tahun lalu. Sehingga Jepang menghadapi tekanan yang semakin meningkat dari kapal-kapal Tiongkok di sekitar pulau-pulau yang disengketakan dengan Beijing.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller menjelaskan bahwa Blinken telah meyakinkan Menteri Luar Negeri Park Jin tentang komitmen kuat Amerika Serikat terhadap pertahanan Korea Selatan.

Baca juga: Partai Penguasa Korea Utara Kutuk Kegagalan Peluncuran Satelit Mata-Mata

"Menteri Luar Negeri dan Menteri Luar Negeri mengutuk peluncuran rudal balistik DPRK yang terus berlanjut dan mencatat perlunya RRT (Republik Rakyat Tiongkok) menggunakan pengaruhnya untuk mendorong Pyongyang agar terlibat dalam diplomasi yang serius dan berkelanjutan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Blinken mengulangi komitmen kuat untuk pertahanan kepada Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa dan mengutuk peluncuran rudal balistik yang terus dilakukan oleh RRDK ke Laut Jepang.

Baca juga: Indonesia Jadi Kunjungan Luar Negeri Perdana Kaisar Naruhito

Ketiga negara itu mengeluarkan pernyataan bersama mengecam peluncuran dua rudal balistik jarak pendek Korea Utara, tak lama setelah Pyongyang memperingatkan akan adanya respons tak terelakkan terhadap latihan militer gabungan AS-Korea Selatan yang sedang berlangsung.

Tahun lalu, Tokyo meluncurkan perombakan besar-besaran di bidang pertahanan, mereka berjanji untuk meningkatkan pengeluaran keamanan menjadi dua persen dari PDB pada tahun 2027 dan menyebut Tiongkok sebagai tantangan strategis terbesar yang pernah ada bagi Jepang.

Pernyataan trilateral tersebut mencerminkan semakin mencairnya hubungan antara Jepang dan Korea Selatan. Kondisi ini menjadi sebuah tujuan kebijakan luar negeri utama pemerintahan Presiden Joe Biden di tengah ketegangan di wilayah tersebut dan pengaruh Tiongkok yang semakin besar. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat