visitaaponce.com

Sebanyak 117 Orang Korban Pedagangan Orang di Jabar Berhasil Diselamatkan

Sebanyak 117 Orang Korban Pedagangan Orang di Jabar Berhasil Diselamatkan
Kasus TPPO Jabar, 117 orang jadi korban(Freepik)

SEBANYAK 117 orang korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) telah berhasil diselamatkan oleh tim Satgas TPPO Polda Jawa Barat. Sejak 6 Juni hingga 31 Juli 2023 lalu, sebanyak 110 orang telah ditetapkan menjadi tersangka oleh polisi atas kasus tersebut.

Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Bariza Sulfi mengatakan satgas TPPO mulai bekerja sejak 5 Juni hingga Agustus ini diperkuat oleh Satgas penindakan dan pencegahan. Total 72 kasus TPPO berhasil diungkap di wilayah Jawa Barat.

"Tim satgas tindak berhasil melakukan penindakan sebanyak 72 laporan dengan berhasil mengamankan 110 orang tersangka dan berhasil mengamankan mrnyelamatkan 117 orang korban," ucap Bariza di Markas Polda Jawa Barat, Selasa (1/8).

Baca juga: Polri Telah Selamatkan 2.221 Korban TPPO

Bariza mengatakan, seluruh korban TPPO terdiri dari 21 orang peremouan dan 96 laki-laki. Modus operandi para pelaku melakukan TPPO dengan membujuk akan mempekerjakan korban di sektor informal.

"Modus operandi akan dipekerjakan informal namun kenyataan berbeda, pekerjaan informal buruh pabrik dan perkebunan, kedua PSK dan ABK (anak buah kapal)," kata dia.

Baca juga: Menteri PPPA Kecam Kasus TPPO terhadap 120 Perempuan di Yogyakarta

Sementara itu, satgas pencegahan telah melakukan kegiatan pencegahan sebanyak 33.394 kegiatan. Kegiatan melibatkan anggota personel Polda Jabar seperti kapolsek, Bhabinkamtibas dan polisi RW.

"Kami harapkan masyarakat Jabar yang ingin bekerja di luar negeri untuk memahami dan mengetahui jalur mana yang baik dan legal serta benar bisa sesuai harapan masyarakat Jabar," kata dia.

Bariza berharap agar masyarakat bisa menghindari adanya peluang-peluang tindak TPPO setelah diberikan pemahaman dan mengetahui secara jelas mengenai informasi untuk menjadi pekerja migran.

"Masyarakat Jabar bisa terhindar dari kasus ilegal dari mencari pekerjaan," ucap dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat