visitaaponce.com

Biden Berkunjung ke Hawaii dan Bertemu Para Penyintas Kebakaran Lahan

Biden Berkunjung ke Hawaii dan Bertemu Para Penyintas Kebakaran Lahan
Presiden AS Joe Biden berpelukan dengan Gubernur Hawaii Josh Green saat meninjau kawasan yang hancur akibat kebakaran lahan.(AFP/Mandel NGAN)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Hawaii, Selasa (22/8) WIB, untuk meninjau kerusakan kebakaran lahan di Maui, bertemu para penyintas, dan menangkal kritik bahwa pemerintahannya lamban dalam menanggapi bencana alam itu.

Biden dan ibu negara Jill disambut di Maui oleh Gubernur Hawaii Josh Green, hampir dua pekan setelah kebakaran lahan melahan habis Kota Lahaina dan menewaskan sedikitnya 114 orang.

Api menyebar dengan cepat sehingga warga dan turis terkejut, terjebak di jalanan atau terpaksa menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan diri dari bencana kebakaran lahan terparah di AS dalam tempo satu abad.

Baca juga: Selain Diterpa Badai Hilary, Los Angeles Pun Dilanda Gempa Bumi

Setelah menggunakan helikopter meninjau kerusakan, Biden mengumumkan dana bantuan tambahan dan penunjukkan koordinator federal untuk mengatasi bencana itu.

Kritik, termasuk para penyintas, dan sejumlah anggota Partai Republik yang akan berhadapan dengan Biden di Pemilu AS tahun depan menyebut dana bantuan yang disiapkan pemerintah tidak memadai dan dikelola dengan buruk.

Mantan Presiden AS Donald Trump menyebut sangat memalukan Biden bergerak lambat dalam menanggapi bencana itu meski Gedung Putih berkilah Biden melakukan lawatan itu bari sekarang agar tidak menggaggu kerja tim penyelamat.

Baca juga: Kebakaran Melanda Washington, 185 Bangunan Hangus

Juru bicara Biden, Olivia Dalton, di Air Force One mengatakan Presiden AS itu memperkirakan akan sangat emosional saat bertemu dengan para penyintas.

"Biden akan berada bersama mereka dan memastikan berkomunikasi denan mereka sembari memastikan pemerintah AS akan mendampingi mereka selama dibutuhkan," tegas Dalton. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat