visitaaponce.com

Presiden Mesir Minta Warga Gaza Bertahan di Tanah Mereka

Presiden Mesir Minta Warga Gaza Bertahan di Tanah Mereka
Bola api terlihat saat roket Israel menghantam target di Gaza City, Jalur Gaza.(AFP/Mahmud Hams)

PRESIDEN Mesir Abdel Fattah al-Sisi, Kamis (12/10), mengatakan warga Jalur Gaza harus tabah dan bertahan di tanah mereka seiring munculnya seruan agar Kairo mengizinkan warga sipil Gaza memasuki wilayah negara mereka.

Perbatasan Rafah, antara Mesir dan Gaza, merupakan satu-satunya jalur masuk dan keluar dari Gaza yang tidak dikendalikan oleh Israel.

Israel telah menghujani Jalur Gaza dengan bom sejak Sabtu (7/10) sebagai balasan atas serangan kejutan Hamas ke wilayah Israel, yang menewaskan 1.200 orang, mayoritas warga sipil.

Baca juga: Gaza Malam Ini Seperti Kota Mati, 1.385 Syahid dan 6.229 Terluka

'Negeri Zionis' itu juga tampaknya akan segera mengirimkan pasukan memasuki Gaza, yang telah melaporkan 1.400 kematian akibat serangan udara Israel.

"Mesir berkomitmen mengirimkan bantuna, baik medis maupun kemanusiaan di saat sulit ini," tegas Al-Sisi memastjkan Kairo konsisten mendukung hak-hak warga Palestina.

Meski begitu, Al-Sisi meminta warga Gaza untuk tetap tabah dan bertahan di tanah mereka.

Baca juga: Begini Cara Pemerintah Selamatkan WNI di Israel maupun Palestina

Wilayah kecil berpenduduk 2,4 juta jiwa itu telah diblokade sejak 2007 kini tidak lagi mendapatkan pasokan air, makanan, dan listrik dari Israel pascaserangan Hamas.

Serangan tanpa henti selama 6 hari yang dilancarkan Israel telah menyebabkan Jalur Gaza luluh lantak.

Mesir, yang secara tradisional merupakan penengah antara Hamas dan Israel, meminta negara donor mengirimkan bantuan untuk Gaza namun menolak mengizinkan warga Palestina masuk ke wilayah mereka.

Mesir mendorong solusi diplomatik dan agar kedua pihak menahan diri saat Al-Sisi menegaskan keamanan negaranya merupakan prioritas utama dirinya.

Al-Sisi menambahkan jika warga Gaza meninggalkan wilayah mereka, negara Palestina terancam terhapus dari muka bumi. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat