visitaaponce.com

Iran Peringatkan Amerika, Invasi Israel ke Gaza Panaskan Timur Tengah

Iran Peringatkan Amerika, Invasi Israel ke Gaza Panaskan Timur Tengah
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian (kiri) dan pimpinan Hamas Ismail Haniyeh di Qatar, Sabtu (14/10).(AFP/HO/Kemenlu Iran)

IRAN memperingatkan bahwa serangan darat Israel di Jalur Gaza, Palestina, dapat meningkatkan konflik di tempat lain di Timur Tengah.

“Tidak ada yang bisa menjamin pengendalian situasi dan tidak meluasnya konflik,” katanya, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Iran, Minggu (15/10).

Hal itu dikemukakan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian setelah menemui petinggi kelompok militan Palestina, Hamas Ismail Haniyeh pada Sabtu (14/10), dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani pada Minggu (15/10). Kedua pertemuan berlangsung di Qatar.

Baca juga : Iran Tepis Tudingan Dalang Serangan Hamas ke Israel

“Mereka yang berkepentingan untuk mencegah meluasnya cakupan perang dan krisis, perlu mencegah serangan biadab saat ini terhadap warga dan warga sipil di Gaza,” sebut Hossein Amir Abdollahian.

Kepada petinggi Hamas, Iran menyampaikan bahwa masalah tahanan sipil adalah prioritas. Iran juga memuji kemenangan Hamas atas Israel pada peristiwa 7 Oktober 2023 lalu. 

 

Peta Iran dan Arab Saudi. (Sumber : AFP)

 

Baca juga : Iran: AS Harus Kendalikan Israel untuk Hindari Perang Regional

Amir Abdollahian juga tegas mengkritik Amerika Serikat, yang memberikan dukungan tegas kepada Israel sejak serangan pejuang Hamas pada 7 Oktober yang menyebabkan 1.300 orang tewas di Israel.

Hamas menyandera lebih dari 100 orang dalam serangan akhir pekan lalu. Di sisi lain, serangan udara Israel yang ditujukan kepada para pemimpin Hamas di balik serangan mematikan itu telah menewaskan lebih dari 2.300 orang. Di kedua belah pihak, korban jiwa sebagian besar adalah warga sipil.

AS khawatirkan Iran

Di Washington, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan Amerika mengkhawatirkan eskalasi perang, dan kemungkinan Iran – yang merupakan musuh lama Israel dan pendukung Hamas – akan “terlibat langsung”.

Diplomat utama Iran berada di Qatar pada hari Minggu sebagai bagian dari tur regional yang juga mencakup kunjungan ke Irak, Lebanon dan Suriah.

Israel telah menempatkan pasukan dan tank di perbatasan utara yang dipatroli PBB dengan Lebanon dan menutup zona selebar empat kilometer (2,5 mil) bagi warga sipil setelah terjadi baku tembak mematikan di perbatasan dengan kelompok militan Hizbullah yang didukung Iran.

Negara-negara Barat yang mendukung Israel telah memperingatkan terhadap dampak konflik regional.

Amerika Serikat telah mengerahkan kapal induk kedua ke wilayah tersebut dalam upaya untuk "mencegah tindakan permusuhan terhadap Israel", kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat