visitaaponce.com

Pertama Kali Terjadi Kematian dalam Unjuk Rasa Panama Terkait Kontrak Pertambangan

Pertama Kali Terjadi Kematian dalam Unjuk Rasa Panama Terkait Kontrak Pertambangan
Seorang pria menembak dua pengunjuk rasa yang memblokir jalan di Panama. Aksi demonstrasi itu memprotes kontrak pertambangan besar.(AFP)

SEORANG penembak membunuh dua pengunjuk rasa yang memblokir jalan di Panama pada Selasa, dalam minggu ketiga protes atas kontrak pertambangan besar.

"Pihak berwenang menangkap penembaknya di distrik Chame, 80 km (50 mil) sebelah barat Panama City," kata polisi di Twitter.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan pria itu menembak orang-orang yang memblokir Jalan Pan-Amerika, yang menghubungkan Panama dengan bagian lain Amerika Tengah.

Baca juga: Pengadilan Panama Tolak Gagasan Referendum

Ini adalah kematian pertama dalam protes yang pecah pada 20 Oktober terhadap kontrak yang memungkinkan First Quantum Minerals, perusahaan berbasis Kanada, untuk mengoperasikan tambang tembaga terbuka terbesar di Amerika Tengah setidaknya selama 20 tahun ke depan. Para pengunjuk rasa khawatir tentang dampak lingkungan dari tambang ini.

Polisi juga memublikasikan foto tahanan tersebut - seorang pria berambut abu-abu dan berkacamata - yang duduk dengan satu tangan terborgol di pipa, baik di kantor polisi atau dalam van.

Baca juga: Demonstrasi Sayap Kanan Melawan RUU Amnesti Separatis Catalan

Beberapa jalan di ibu kota diblokir kelompok kecil pengunjuk rasa pada hari Selasa. Sementara Jalan Pan-Amerika terhalang di beberapa tempat, menghambat transportasi makanan, bahan bakar, dan obat-obatan.

Untuk meredakan ketegangan, kongres minggu lalu mengesahkan undang-undang yang memberlakukan moratorium terhadap kontrak pertambangan logam baru dan membiarkan Mahkamah Agung memutuskan apakah akan mengizinkan kontrak dengan First Quantum Minerals.

Para aktivis lingkungan menyambut keputusan ini oleh para legislator, mengatakan memang hak mahkamah untuk memutuskan apakah kontrak ini melanggar konstitusi.

Tetapi serikat konstruksi yang berpengaruh, Suntracs, serikat guru, dan organisasi lainnya ingin kontrak tersebut dibatalkan melalui undang-undang yang disahkan oleh Kongres, sehingga mereka terus melanjutkan protes mereka. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat