visitaaponce.com

700 Pasien dan Tenaga Medis RS Indonesia di Gaza Masih Diteror Bom Israel

RATUSAN pasien dan tenaga medis di RS Indonesia Gaza, Palestina, masih berada di bawah ancaman tembakan dan bom tentara Israel. Data terakhir, menurut Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada Senin (20/11) ,sedikitnya 12 orang tewas.

Sementara, puluhan lainnya terluka akibat tembakan ke kompleks Rumah Sakit Indonesia, yang dikepung oleh tank-tank Israel. Para pejabat kesehatan mengatakan 700 pasien beserta staf berada di bawah bom dan tembakan Israel. Ledakan besar langsung mengenai para pengungsi dan pasien di dalamnya.

“Fasilitas di kota Beit Lahia di timur laut Gaza, yang didanai oleh organisasi-organisasi Indonesia, dihantam tembakan artileri. Staf rumah sakit membantah ada militan bersenjata di tempat itu,” lapor WAFA, kantor berita Palestina, Selasa (21/11).

Baca juga : Tuntut Gencatan Senjata di Gaza, Ini Surat Terbuka MER-C untuk Joe Biden

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa ia terkejut dengan serangan yang menurutnya telah menewaskan 12 orang, termasuk para pasien, dengan mengutip laporan-laporan yang tidak disebutkan.

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan bahwa pasukannya telah membalas tembakan ke arah para pejuang di rumah sakit tersebut sambil mengambil berbagai langkah untuk meminimalkan bahaya terhadap para non-pejuang.

Baca juga : Brigade Al-Qassam Hancurkan 60 Kendaraan Tempur Israel

Seperti semua fasilitas kesehatan lainnya di bagian utara Gaza, Rumah Sakit Indonesia sebagian besar telah berhenti beroperasi tetapi masih menampung pasien, staf, dan penduduk yang mengungsi.

Sebanyak 28 bayi yang lahir prematur telah dievakuasi dari rumah sakit terbesar di Gaza, Al Shifa, dibawa ke Mesir untuk mendapatkan perawatan darurat pada hari Senin (20/11).

Pasukan Israel menggeledah RS Al Shifa pekan lalu untuk mencari jaringan terowongan yang dibangun oleh Hamas di bawah rumah sakit.

Ratusan pasien, staf medis, dan orang-orang yang terlantar meninggalkan Shifa pada akhir pekan lalu, para dokter mengatakan bahwa mereka diusir oleh para tentara namun, Israel menyatakan kepergian mereka bersifat sukarela. (CNA/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat