visitaaponce.com

Spanyol Catat Rekor Suhu Tertinggi Bulan Desember

Spanyol Catat Rekor Suhu Tertinggi Bulan Desember
Spanyol mencatat rekor suhu tertinggi di Desember setelah kota selatan Malaga mencatat suhu luar biasa sebesar 29,9 derajat Celsius.(AFP)

SPANYOL mencatat sejarah dengan mencapai suhu tertinggi sepanjang masa untuk bulan Desember setelah kota selatan Malaga mencatat suhu luar biasa sebesar 29,9 derajat Celsius (85,8 Fahrenheit) pada Selasa, demikian yang diumumkan layanan cuaca nasional Spanyol, Aemet.

Suhu panas yang mencengangkan ini mengikuti serangkaian hari dengan aliran udara hangat melintasi Semenanjung Iberia, melampaui rekor Desember sebelumnya yang tercatat pada tahun 2010, di mana suhu sebesar 29,4 derajat Celsius tercatat di Grenada, juga di wilayah Andalusia selatan.

Aemet menggarisbawahi bahwa tingkat suhu yang mencapai rekor tersebut akan "jauh lebih tidak mungkin" tanpa "perubahan iklim yang telah diamati secara global dan di Spanyol."

Baca juga: Curi Informasi Rahasia, Spanyol Usir Dua Diplomat AS

Meskipun Spanyol terbiasa dengan musim panas yang panas, penduduknya dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami peningkatan jumlah gelombang panas yang intens pada musim lain, yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan banyak ilmuwan.

Menurut Aemet, frekuensi gelombang panas di Spanyol telah meningkat tiga kali lipat dalam 10 tahun terakhir, dan musim cuaca panas telah memanjang sebanyak 10 hari per dekade sejak tahun 1980-an.

Baca juga: PBB Nyatakan 2023 Tahun Terpanas yang Pernah Tercatat

Kondisi cuaca yang tidak biasa ini menciptakan tantangan baru bagi penduduk dan lingkungan sekitar. Suhu yang luar biasa tinggi untuk bulan Desember memberikan dampak yang dirasakan oleh masyarakat dan sektor lainnya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat