visitaaponce.com

DeSantis Mundur dari Kampanye dan Mendukung Trump

DeSantis Mundur dari Kampanye dan Mendukung Trump
Gubernur Florida, Ron DeSantis, mengakhiri kampanye pemilihan dan memberikan dukungannya kepada Donald Trump. (AFP)

GUBERNUR Florida Ron DeSantis, yang pernah menjadi rival utama Partai Republik terhadap Donald Trump, mengakhiri kampanye pemilihan pada hari Minggu dan memberikan dukungannya kepada mantan presiden tersebut.

Penarikan diri DeSantis, setelah berbulan-bulan dukungan yang melemah, hanya meninggalkan Nikki Haley yang kurang populer di antara Trump dan nominasi sebagai kandidat Partai Republik untuk pemilihan presiden AS pada November.

Dalam pesan video, DeSantis mengatakan setelah meraih posisi kedua minggu lalu dalam pemilihan pendahuluan Iowa, ia tidak dapat "meminta para pendukung kami untuk menyumbangkan waktu dan sumber daya mereka jika kami tidak memiliki jalan kemenangan yang jelas. Oleh karena itu, saya hari ini menghentikan kampanye saya."

Baca juga : Donald Trump Memang Mudah di South Carolina

Keputusan ini diambil kurang dari dua hari sebelum pemilihan pendahuluan New Hampshire, di mana jajak pendapat menunjukkan ia jauh tertinggal di belakang Trump yang memimpin dan mantan duta besar PBB Haley.

"Jelas bagi saya bahwa mayoritas pemilih pendahuluan Partai Republik ingin memberi Donald Trump kesempatan lain," kata DeSantis, mencatat bahwa ia memiliki perbedaan dengan mantan presiden terutama terkait pandemi virus corona.

"Ia mendapatkan dukungan saya karena kita tidak bisa kembali ke garda lama Partai Republik atau bentuk korporatisme yang dipanaskan ulang yang diwakili oleh Nikki Haley."

Baca juga : Donald Trump Berusaha Mencapai Kemenangan Telak di South Carolina 

Trump meraih kemenangan di Iowa pada Selasa lalu, dengan 51% pemilih Partai Republik memilih mantan presiden yang telah dua kali diimpeach tersebut, sementara DeSantis hanya meraih 21%, dan Haley 19%.

Tidak ada kandidat yang pernah kalah setelah memenangkan dua negara bagian pertama, dan Trump hampir pasti akan menyatakan dirinya sebagai pemenang nominasi Partai Republik dengan kemenangan di New Hampshire.

Kampanyenya mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu, ia "terhormat" dengan dukungan DeSantis, dan mengajak Partai Republik untuk bersatu di belakangnya, menolak Haley sebagai "kandidat golongan globalis dan Demokrat."

Baca juga : Kemenangan Mudah Trump di Kaukus Nevada: Menambah Delegasi untuk Nominasi Presiden

"Saatnya memilih dengan bijaksana," demikian pernyataan tersebut.

Dalam pernyataannya sendiri, Haley memperingatkan Amerika Serikat "bukanlah negara yang mengadakan pemilihan tanpa lawan."

"Sampai saat ini, hanya satu negara yang memberikan suara. Separuh suaranya untuk Donald Trump, dan separuh tidak... Pemilih berhak memiliki suara dalam apakah kita melanjutkan jalan Trump dan Biden, atau kita beralih ke jalan konservatif yang baru," katanya.

Baca juga : Trump Jumawa Hadapi Pemilihan di Iowa

Pernah menjadi bintang muda

Banyak Republikan yang menaruh harapan pada DeSantis, yang pada usia 45 tahun dianggap beberapa orang sebagai bintang muda dari sayap kanan. Namun, kampanyenya, yang diumumkan pada akhir Mei, kesulitan untuk menancapkan dirinya sebagai ancaman bagi Trump, yang berusia 77 tahun.

DeSantis, seorang mantan perwira angkatan laut, terpilih sebagai gubernur Florida  tahun 2018 setelah mendapatkan dukungan berharga dari Trump. Sejak itu, ia sering menjaga jarak dari Trump dan menjadi terkenal karena sikapnya yang keras terhadap pendidikan, imigrasi, dan isu LGBTQ.

Pengelolaan negaranya terhadap pandemi, dengan mendorong pembukaan ekonomi yang cepat, dan penentangannya terhadap penutupan pemerintahan Presiden Joe Biden membuatnya populer. Kemudian, ia mencari platform nasional, tetapi terlihat kaku dan tidak nyaman dalam debat kandidat, wawancara media, dan acara pemilih.

Baca juga : Trump Ajukan Banding Larangan Pencalonan di Maine

"Saya senang dia sudah keluar. Saya pikir itu tak terhindarkan," kata Lynne Mason, 60 tahun, yang memiliki usaha kecil di Keene, New Hampshire, kepada AFP.

"Kita membutuhkan pemimpin yang kuat saat ini, dengan keadaan Amerika Serikat pada saat ini."

Dalam sebuah acara di Seabrook, New Hampshire, Haley mengatakan DeSantis menjalankan perlombaan yang hebat, dia telah menjadi gubernur yang baik, dan kami mengharapkannya yang terbaik.

"Meskipun begitu, sekarang hanya ada satu pria dan satu perempuan," lanjutnya. "Ini menjadi pilihan antara 'apa yang Anda inginkan?' Apakah Anda ingin lebih dari yang sama atau Anda ingin sesuatu yang baru?" (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat