visitaaponce.com

39 Orang Tewas dalam Kebakaran Toko di Jiangxi Tiongkok

39 Orang Tewas dalam Kebakaran Toko di Jiangxi Tiongkok
Gedung pertokoan di Jiangxi Tiongkok yang mengalami kebakaran pada 24 Januari 2024 dan menewaskan 39 orang.(AFP)

SEBANYAK 39 orang tewas dalam kebakaran di sebuah toko di provinsi Jiangxi, Tiongkok Rabu (24/1). Presiden Xi Jinping meminta insiden ini diinvestigasi hingga tuntas.

"Pada pukul 15.24 (waktu setempat), kebakaran terjadi di bawah tanah di sebuah toko di Xinyu, Jiangxi," ungkap laporan media Tiongkok, CCTV.

Selain 39 orang meninggal dunia, kebakaran itu juga menyebabkan sembilan orang luka-luka, dan terdapat beberapa orang yang masih terjebak. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut dan berapa banyak orang yang masih berada dalam reruntuhan toko.

Rekaman video yang dirilis CCTV lokasi kejadian menunjukkan beberapa mobil pemadam kebakaran dan kendaraan tanggap darurat berbaris di seberang jalan yang penuh dengan aktivitas usaha itu.

Baca juga: Fakta Kebakaran Maut di Karaoke New Orange Tegal yang Tewaskan 6 Pemandu Lagu

“Saat ini, pekerjaan pencarian dan penyelamatan di lokasi masih berlangsung, dan penyebab kecelakaan juga sedang diselidiki,” kata pernyataan pejabat setempat.

Rekaman dari kejadian yang dibagikan di media sosial oleh media milik pemerintah, The Paper, menunjukkan awan asap besar mengepul ke langit. Sementara kerumunan orang menyaksikan dari kejauhan.

Kebakaran memang tergolong sering terjadi dan menimbulkan banyak korban jiwa di Tiongkok. Lemahnya sistem penanganan dan pencegahan kebakaran menjadi penyebab utama tingginya angka kejadian kebakaran dan parahnya dampak kejadian.

Baca juga: Puluhan Kios di Pasar Mobil Kemayoran Ludes Terbakar

Insiden itu terjadi hanya lima hari setelah kebakaran pada larut malam di sebuah sekolah di provinsi Henan, Tiongkok tengah, yang menewaskan 13 orang.

Pada November, 26 orang tewas dan puluhan orang dilarikan ke rumah sakit setelah kebakaran di kantor perusahaan batubara di provinsi Shanxi, Tiongkok utara. Sebulan sebelumnya, sebuah ledakan di sebuah restoran barbekyu di barat laut Tiongkok menyebabkan 31 orang tewas dan mendorong kebijakan tentang keselamatan di tempat kerja.

Pada April, kebakaran rumah sakit di Beijing menewaskan 29 orang dan memaksa para penyintas yang putus asa melompat keluar jendela untuk melarikan diri.

(AFP)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat