visitaaponce.com

Israel Bentuk Zona Penyangga di Dalam Gaza

Israel Bentuk Zona Penyangga di Dalam Gaza 
Ilustrasi - suasana di Rafah(AFP)

PASUKAN Israel di Gaza secara sistematis menghancurkan bangunan-bangunan dalam upaya menciptakan zona penyangga di dalam wilayah Palestina, kata para ahli dan kelompok hak asasi manusia (HAM) kepada AFP, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan kerugian sipil.

Rencana tersebut, yang tidak dikonfirmasi secara terbuka oleh Israel, tampaknya memerlukan pengambilan sebagian besar wilayah dari Jalur Gaza yang sudah kecil dan dikuasai Hamas, sesuatu yang telah diperingatkan para ahli serta sekutu asing Israel.

Sejak militan Hamas menyerbu perbatasan pada tanggal 7 Oktober, pasukan Israel telah menargetkan bangunan di Gaza dalam jarak satu kilometer (0,6 mil) dari perbatasan, kata Adi Ben Nun, seorang profesor di Universitas Ibrani Yerusalem yang telah melakukan analisis citra satelit. .

Baca juga : Pejabat Hamas Ungkap Belum Ada Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza

Lebih dari 30% bangunan di kawasan itu rusak atau hancur selama perang, katanya.

Bulan lalu, hari paling mematikan bagi tentara Israel sejak invasi darat dimulai pada akhir Oktober memberikan gambaran sekilas tentang taktik yang digunakan untuk membersihkan wilayah perbatasan.

Panglima militer Israel Herzi Halevi mengatakan pada saat itu 21 tentara cadangan terbunuh "dalam operasi pertahanan di daerah yang memisahkan komunitas Israel dari Gaza" untuk memungkinkan warga "kembali dengan selamat".

Baca juga : 107 Orang Tewas Hari Ini, Total Israel Bunuh 27.238 Warga Gaza

Tentara telah memasang bahan peledak untuk meledakkan gedung-gedung ketika mereka ditembaki oleh militan, kata militer.

Pengungsian warga Gaza termasuk dari daerah perbatasan bisa melanggar hukum perang, kata para ahli.

“Kami melihat semakin banyak bukti bahwa Israel tampaknya membuat sebagian besar wilayah Gaza tidak dapat dihuni,” kata Nadia Hardman, pakar hak pengungsi di Human Rights Watch.

Baca juga : Terpojok di Perbatasan Mesir, Israel Terus Tembaki Warga Gaza

“Salah satu contoh yang jelas dari hal ini mungkin adalah zona penyangga – ini mungkin merupakan kejahatan perang.”

Saat dihubungi AFP, pihak militer menolak berkomentar mengenai zona penyangga tersebut.

Tidak benar

Cecilie Hellestveit, dari Akademi Hukum Internasional Norwegia, memperingatkan tentang "prospek pembersihan etnis, perpindahan, atau kurangnya pembangunan kembali, sehingga orang-orang Palestina pada akhirnya akan dipaksa keluar dari wilayah tersebut sepenuhnya".

Baca juga : PBB Perkirakan 17.000 Anak Gaza Terpisah dari Orangtua

Pengawasan terhadap tindakan Israel di Gaza kemungkinan akan ditingkatkan dengan keputusan Mahkamah Internasional bulan lalu yang meminta Israel untuk mencegah tindakan genosida.

Amerika Serikat, sekutu utama Israel dan penyedia bantuan militer, telah berulang kali mengatakan wilayah Gaza tidak boleh berubah dan zona penyangga akan melanggar prinsip tersebut.

“Mengenai status permanen Gaza… kami tetap tegas untuk tidak melanggar batas wilayahnya,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Baca juga : Soal UNRWA, Rusia Minta PBB Buktikan Israel Benar atau Bohong

Pakar hak asasi manusia mengatakan Israel dapat menggunakan sebagian wilayahnya sendiri untuk menciptakan zona keamanan.

“Jika pemerintah Israel menginginkan zona penyangga, maka mereka mempunyai hak untuk menciptakan zona penyangga di wilayah Israel yang jauh lebih besar, namun mereka tidak mempunyai hak untuk merebut tanah di Gaza,” kata pakar hak asasi manusia Ken Roth, seorang profesor di Universitas Princeton, melalui media sosial. .

Keamanan perbatasan telah menjadi prioritas bagi banyak warga Israel, kata para ahli, dan kembalinya komunitas di dekat perbatasan Gaza akan dilihat sebagai tanda bahwa Hamas tidak lagi menjadi ancaman.

Baca juga : Abbas Tolak Penguasaan Gaza oleh Israel

Di Nahal Oz, sebuah kibbutz yang berjarak sekitar satu kilometer dari Gaza yang menjadi sasaran serangan tanggal 7 Oktober, tembakan artileri terdengar dan asap mengepul di wilayah Palestina di kejauhan.

Seperti banyak warga Israel yang tinggal di sepanjang perbatasan sebelum serangan itu, hampir seluruh dari 400 penduduk kibbutz dievakuasi dan belum kembali.

“Sayangnya, ini masih bukan tempat untuk kembali bersama anak-anak,” Eran Braverman, seorang petani berusia 63 tahun, mengatakan kepada AFP.

Baca juga : Rudal dan Kelaparan Jadi Senjata Utama Israel Kosongkan Gaza

"Jika memang ada zona (penyangga) seperti itu... itu bisa sangat membantu. Saya harap itu terjadi."

Kembali setelah dua dekade

Serangan Hamas terhadap Israel mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi, dengan militan juga menyandera – puluhan di antaranya menurut Israel masih berada di Gaza.

Sebagai tanggapan, Israel melancarkan serangan mematikan yang telah menewaskan sedikitnya 27.238 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Baca juga : Milisi Houthi Yaman Tembakkan Rudal ke Kapal Perang AS

Israel pada 2005 secara sepihak menarik pasukan dan pemukimnya dari Gaza, mengakhiri kehadirannya yang dimulai tahun 1967, namun tetap mempertahankan kendali penuh atas perbatasan wilayah pesisir tersebut.

Kawasan terlarang yang sempit dengan lebar yang berbeda-beda dipertahankan di sepanjang perbatasan Israel-Gaza, dan zona yang berada tepat di luarnya di sisi Palestina telah dibatasi untuk lahan pertanian.

Blokade yang melumpuhkan sejak Hamas mengambil alih kekuasaan pada tahun 2007 terjadi tak lama setelah serangan 7 Oktober dengan pengepungan Israel di Gaza.

Baca juga : Israel Geser Pasukan dari Gaza ke Lebanon

Mesir mengoperasikan zona penyangga di sisi perbatasannya dengan wilayah sempit Palestina.

Meskipun Israel memutuskan untuk tidak memasang zona penyangga pada awal tahun 2000an, gagasan tersebut muncul kembali dua dekade kemudian, kata Hellestveit.

“Dengan adanya perang dan pendudukan kembali Gaza, rencana ini sejak terakhir kali Israel menguasai Gaza secara militer telah kembali dibahas,” katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat