visitaaponce.com

Moodys Turunkan Peringkat Rasio Utang Israel karena Konflik Hamas

Moody's Turunkan Peringkat Rasio Utang Israel karena Konflik Hamas
Agresi militer Israel yang berkonflik dengan Hamas memengaruhi kondisi sosial dan perekonomian negeri itu.(JACK GUEZ / AFP)

Agresi militer Israel yang berkonflik dengan Hamas memengaruhi kondisi sosial dan perekonomian negeri itu. Jumat (9/2) lalu, Lembaga pemeringkat AS, Moody's, menurunkan peringkat utang Israel satu tingkat dari A1 menjadi A2.

Dalam sebuah pernyataan, Moody's mengatakan pihaknya melakukan hal tersebut setelah menilai bahwa konflik militer yang sedang berlangsung dengan Hamas serta dampak dan konsekuensi yang lebih luas, secara signifikan meningkatkan risiko politik bagi Israel serta melemahkan lembaga eksekutif dan legislatif serta kekuatan fiskal mereka di masa mendatang.

Untuk diketahui, Moody’s adalah salah satu lembaga pemeringkat dunia. Lembaga ini kerap dijadikan standar dan dorongan bagi negara berkembang untuk mereformasi kebijakan, memperbaiki fiskal, dan moneter. Sederhananya, Moody's mengukur apakah sebuah perusahaan atau negara dapat membayar kembali utangnya atau tidak.

Baca juga : Israel Mengeklaim Temukan Terowongan Sandera di selatan Gaza

Menurut Bloomberg, ini merupakan kali pertama peringkat utang Israel diturunkan.

Moody's juga menurunkan prospek utang Israel menjadi "negatif" karena risiko eskalasi dengan kelompok militan Lebanon, Hizbullah, yang beroperasi di sepanjang perbatasan utaranya.

Serangan Hamas yang pada 7 Oktober mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Baca juga : PBB Perkirakan 17.000 Anak Gaza Terpisah dari Orangtua

Sebagai tanggapan, Israel melancarkan serangan udara dan serangan darat yang telah menewaskan sedikitnya 27.947 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Menyusul serangan tersebut, S&P Global Ratings menurunkan prospek kredit Israel dari stabil menjadi negatif karena adanya risiko yang dapat memperluas konflik Israel-Hamas.

Fitch – yang merupakan lembaga pemeringkat lainnya dari tiga lembaga pemeringkat terbesar AS – menempatkan Israel pada pengawasan negatif atas risiko konflik.

Baca juga : Rudal dan Kelaparan Jadi Senjata Utama Israel Kosongkan Gaza

“Kondisi keamanan yang melemah menyiratkan risiko sosial yang lebih tinggi dan mengindikasikan lemahnya lembaga eksekutif dan legislatif dibandingkan penilaian Moody’s sebelumnya,” kata lembaga pemeringkat tersebut menjelaskan keputusannya.

“Moody’s memperkirakan beban utang Israel akan jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelum konflik terjadi,” tambahnya. (AFP/M-3)

 

Baca juga : Kemenlu: Tuduhan Israel terhadap Staf UNRWA Bantu Hamas Harus Dibuktikan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat