visitaaponce.com

Donald Trump Dukung Perang Israel di Gaza

Donald Trump Dukung Perang Israel di Gaza
Dalam wawancara, Donald Trump menyatakan dukungannya terhadap perang Israel di Gaza.(AFP)

CALON presiden dari Partai Republik Donald Trump menyatakan dukungannya terhadap perang Israel di Gaza. Pernyataan itu, disampaikan Trump seiring meningkatnya tekanan internasional terhadap Amerika Serikat untuk mengekang sekutunya tersebut.

“Ya,” jawab Trump, ketika ditanya dalam wawancara di Fox News apakah dia berada di kubu Israel.

Pewawancara kemudian bertanya apakah mantan presiden tersebut setuju dengan cara Israel melancarkan serangannya di Gaza.

Baca juga : Menang di Michigan, Biden Diprotes Perang Israel di Gaza

“Anda harus menyelesaikan masalahnya,” jawab Trump.

Presiden Joe Biden, yang akan ditantang Trump untuk menduduki kursi Gedung Putih pada November mendatang, semakin mendapat kecaman baik dari dunia internasional maupun dari basis Demokratnya karena dukungannya terhadap Israel ketika jumlah korban tewas di Gaza melonjak dan momok kelaparan semakin membayangi.

Pertempuran dimulai dengan serangan oleh kelompok militan Palestina Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang mengakibatkan sekitar 1.160 kematian, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Baca juga : Lebih dari Separuh Warga AS Ingin Joe Biden Hentikan Pengiriman Senjata ke Israel

Serangan balasan Israel di Jalur Gaza telah menewaskan 30.534 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Gerakan protes AS mendesak para pemilih untuk menghukum Biden di tempat pemungutan suara atas dukungannya terhadap Israel. Lebih dari 100.000 orang di Michigan memilih tidak berkomitmen daripada memberikan suara mereka untuk Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di negara bagian AS pekan lalu.

Ketika kondisi memburuk, Israel menghadapi teguran yang semakin tegas dari sekutu utamanya, Amerika Serikat.

Wakil Presiden Kamala Harris menyatakan keprihatinan mendalam mengenai kondisi kemanusiaan di Gaza, itu disampaikan selama pembicaraan di Washington pada hari Senin dengan anggota kabinet perang Israel Benny Gantz. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat