visitaaponce.com

Jepang Tunda Pembuangan Air Limbah Reaktor Fukushima setelah Terjadi Gempa

Jepang Tunda Pembuangan Air Limbah Reaktor Fukushima setelah Terjadi Gempa
ilustrasi: Foto yang dirilis Tokyo Electric Power Co pada 7 Maret 2024 menunjukkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi(TOKYO ELECTRIC POWER COMPANY (TEPCO) / AFP)

Pembuangan air limbah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima di Jepang dihentikan setelah terjadi gempa bumi, Jumat (15/3), kata operator pembangkit listrik tersebut sambil menekankan bahwa tindakan itu merupakan tindakan pencegahan.

Gempa berkekuatan 5,8 skala Richter terjadi di lepas pantai wilayah timur laut Fukushima pada Jumat pukul 00:14 pagi (Kamis 15.14 GMT), kata Badan Meteorologi Jepang. Pada 2011 pembangkit listrik tenaga nuklir itu rusak berat akibat tsunami.

“Kami telah mengkonfirmasi dari jarak jauh bahwa tidak ada kelainan pada fasilitas pengenceran/pembuangan air yang diolah ALPS, dll.,” kata Tokyo Electric Power Company (TEPCO) di X, sebelumnya Twitter, mengacu pada proses pelepasan air.

Baca juga : Menderita Kanker Tiroid, Enam Pemuda Tuntut Pembangkit Nuklir Fukushima

“Namun untuk amannya, kami telah menghentikan pengoperasian fasilitas tersebut sesuai dengan prosedur operasional yang telah ditentukan sebelumnya,” katanya.

Otoritas pengatur nuklir Jepang juga mengatakan tak lama setelah gempa tidak ada kelainan yang terdeteksi, baik di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi yang masih lumpuh, maupun pembangkit listrik sejenisnya, Fukushima Daini.(AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat