visitaaponce.com

Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza Hancur Usai Pertempuran Dua Minggu

Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza Hancur Usai Pertempuran Dua Minggu
Rumah sakti Al-Shifa hancur setelah Israel meluncurkan operasi militer selama dua minggu. (AFP)

PASUKAN Israel menarik diri dari kompleks rumah sakit terbesar di Gaza setelah operasi militer intensif selama dua minggu melawan Hamas, meninggalkan bangunan hangus dan mayat di kompleks yang luas tersebut.

Tentara Israel melakukan apa yang disebutnya “aktivitas operasional yang tepat” selama dua minggu di kompleks Al-Shifa di Kota Gaza, sebelum pada Senin menyatakan pasukannya telah ditarik.

Israel mengatakan pihaknya telah memerangi militan Palestina di dalam rumah sakit terbesar di wilayah Palestina, menewaskan sedikitnya 200 orang dan menemukan tumpukan senjata, bahan peledak, dan uang tunai.

Baca juga : Israel Jadikan Rumah Sakit Nasser Sebagai Markas Militer, Tawan Ratusan Orang

Daniel Hagari, juru bicara militer Israel, mengatakan Israel telah "menangkap lebih dari 900 orang yang dicurigai terlibat dalam aktivitas teror", dan menurutnya "lebih dari 500" adalah "pasti" militan Hamas atau Jihad Islam.

“Ada lebih banyak teroris di rumah sakit dibandingkan pasien atau staf medis,” katanya, seraya menambahkan ada sekitar 300 pasien, dokter, dan staf medis.

Hamas membantah beroperasi dari Al-Shifa dan fasilitas kesehatan lainnya.

Baca juga : Israel Hancurkan Rumah Sakit Terakhir di Gaza

Juru bicara badan pertahanan sipil Gaza mengatakan pasukan Israel menewaskan sekitar 300 orang di dalam dan sekitar rumah sakit selama operasi dua minggu tersebut.

Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan “skala kehancuran di dalam kompleks dan bangunan di sekitarnya sangat besar”.

“Puluhan jenazah, beberapa di antaranya sudah membusuk, telah ditemukan di dalam dan sekitar kompleks medis Al-Shifa,” katanya, seraya menambahkan bahwa rumah sakit tersebut sekarang “benar-benar tidak dapat digunakan lagi”.

Baca juga : Kementerian Kesehatan Hamas Sebut Tank Israel Tembaki Rumah Sakit Gaza

Sebagian besar rumah sakit di Gaza tidak lagi berfungsi, kata PBB.

Sangat memprihatinkan

Beberapa dokter dan warga sipil di kompleks yang rusak mengatakan kepada AFP  setidaknya 20 mayat telah ditemukan, beberapa di antaranya tampaknya telah dibawa  orang yang tidak bertanggung jawab. 

Beberapa ditemukan di dekat pintu masuk barat kompleks tersebut, yang digunakan tentara Israel saat berangkat dari halaman rumah sakit.

Baca juga : WHO:  Rumah Sakit di Gaza Mengalami 'Pemburukan Cepat'

"Mayat-mayat... Tank-tank menyerbu mereka. Kehancuran. Anak-anak. Orang-orang yang tidak bersalah. Warga sipil tak bersenjata. Mereka (tentara) mendatangi mereka," kata seorang saksi mata yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Seorang koresponden AFP melihat satu jenazah yang sudah membusuk dan terdapat bekas ban, meski tidak diketahui kapan jenazah tersebut terguling.

Gedung Putih mengatakan akan menekan Israel untuk memberikan informasi lebih lanjut, dan menyebut laporan tersebut “sangat memprihatinkan”.

Baca juga : Makin Kejam Israel, Makin Kuat Hamas Melawan

Militer dalam beberapa hari terakhir merilis rekaman para pejuangnya bergerak melalui koridor rumah sakit, dan gambar sejumlah besar senapan serbu, granat, dan senjata lain yang menurut mereka ditemukan dari bangsal bersalin.

Kantor pers pemerintah Hamas mengatakan tentara telah meledakkan lebih dari 20 rumah dalam waktu 24 jam di kota utama Khan Yunis di selatan, di mana pertempuran juga terjadi di sekitar rumah sakit Nasser dan Al-Amal.

Protes jalanan Israel

Perang paling berdarah yang pernah terjadi di Gaza meletus dengan serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 7 Oktober yang mengakibatkan sekitar 1.160 kematian di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP Angka resmi Israel.

Baca juga : Investigasi Bongkar Klaim Israel bahwa Rumah Sakit Gaza terkait Hamas

Kampanye pembalasan Israel, yang bertujuan menghancurkan Hamas, telah menewaskan sedikitnya 32.845 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, Hamas mengakui “kelelahan” warga Gaza, sambil bersumpah untuk terus berjuang sampai mencapai “kebebasan” bagi warga Palestina.

Militer Israel mengatakan 600 tentara telah tewas sejak dimulainya perang – termasuk 256 tentara dalam invasi darat ke Gaza sejak akhir Oktober.

Baca juga : WHO: Tidak Ada Rumah Sakit Berfungsi di Gaza Utara

Mahkamah Agung dunia telah memerintahkan Israel untuk "memastikan bantuan kemanusiaan yang mendesak" di Gaza tanpa penundaan, dengan mengatakan "kelaparan sedang terjadi".

Negara-negara asing telah meningkatkan pengiriman bantuan melalui udara, meskipun badan-badan PBB dan lembaga amal memperingatkan bahwa hal ini masih jauh dari kebutuhan yang mendesak dan mengatakan bahwa truk adalah cara yang paling efisien untuk menyalurkan bantuan.

Kapal kedua yang membawa barang bantuan melalui laut dari Siprus terlihat di lepas pantai Gaza pada hari Senin.

Baca juga : Israel Jadikan RS Indonesia Markas Militer, MER-C Tidak Rela

Sementara itu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mempertahankan “rutinitas hariannya dari rumah sakit”, kata kantornya, setelah operasi hernia pada hari Minggu.

Dia akan dipulangkan pada Selasa sore, tambahnya.

Selama serangan mereka terhadap Israel, militan Palestina juga menyandera sekitar 250 orang. Israel yakin sekitar 130 orang masih berada di Gaza, termasuk 34 orang yang diperkirakan tewas.

Baca juga : UNICEF: Jalur Gaza Tempat paling Berbahaya Dunia bagi Anak

Netanyahu mendapat tekanan yang meningkat dari keluarga sandera serta pengunjuk rasa anti-pemerintah, yang aksi unjuk rasa malamnya telah menarik ribuan orang turun ke jalan.

Pada Senin, Netanyahu berjanji untuk melarang siaran dari Israel oleh saluran berita Al Jazeera yang berbasis di Qatar, setelah Parlemen Israel memberinya kekuasaan baru. Dia menyebutnya sebagai "saluran teroris".

Media penyiaran tersebut mengatakan komentar PM Israel adalah sebuah "kebohongan menggelikan yang berbahaya".

Baca juga : Rumah Sakit Terakhir Gaza Utara tidak Berfungsi akibat Serangan Israel

Serangan ke Damaskus

Perang di Gaza telah menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya konflik regional yang lebih luas, dengan kekerasan berulang yang terkait dengan konflik di Irak, Lebanon, Suriah, dan Yaman.

Ketakutan tersebut semakin meningkat pada Senin dengan serangan di Damaskus terhadap wilayah konsulat musuh bebuyutan Israel, Iran.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan 11 orang tewas.

Baca juga : Pasukan Israel Tahan Direktur Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza

Korps Garda Revolusi Islam menyebutkan tujuh anggotanya tewas, termasuk dua perwira senior, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan Brigjen Mohammad Hadi Haji Rahimi.

Israel tidak berkomentar, namun Iran berjanji akan memberikan "tanggapan yang tegas" terhadap serangan itu dan meminta masyarakat internasional untuk bertindak.

Hamas menyebut serangan itu sebagai “eskalasi yang berbahaya”.

Zahedi – yang menurut TV pemerintah Iran adalah bagian dari operasi luar negeri Garda Revolusi, Pasukan Quds – adalah salah satu dari sejumlah tokoh penting yang menjadi sasaran Israel selama perang Gaza. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat