visitaaponce.com

Ini 6 Tips Memastikan Skincare Anda Aman dan Terpercaya

Ini 6 Tips Memastikan Skincare Anda Aman dan Terpercaya
Label dan tanggal kedaluwarsa yang ada di kemasan produk skincare(MI/HO)

PRODUK perawatan kulit atau skincare merupakan salah satu kebutuhan yang kini menjadi bagian dari gaya hidup. Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis skincare lokal juga semakin berkembang. Inovatif dan bervariasi untuk mengatasi berbagai masalah kulit, khususnya wajah. 

Dengan banyaknya pilihan skincare, Anda harus jeli dan bijak dalam memilih produk yang baik dan cocok untuk kulit, dengan memperhatikan bahan dan kandungannya; serta manfaatnya bagi kulit kita. 

Apabila Anda ragu dan bimbang dalam menentukan produk yang tepat, berkonsultasi dengan dokter adalah cara yang bijak. Ahli Kulit dan Kecantikan, Naila Bilfaqih mengungkapkan, ”Hal terpenting dalam memilih skincare adalah pastikan kita paham terhadap 2 hal, yakni jenis kulit kita serta kandungan di dalam produk yang akan digunakan."

Baca juga : Ingin Makeup Tahan Lama? Jangan Lupa Pakai Skincare

"Anda tidak perlu terburu-buru apalagi termakan informasi yang simpang siur atau memilih produk skincare hanya karena ikut-ikutan. Jangan sampai Anda malah terkena dampak buruk akibat menggunakan produk yang tidak terjamin, seperti iritasi, alergi, peradangan hingga merusak lapisan kulit secara permanen dan meningkatkan resiko penyakit mematikan seperti auto imun dan kanker. Apabila ragu, sebaiknya konsultasikanlah kebutuhan skincare kepada ahlinya.”

Skincare yang patut diwaspadai adalah produk bisa jadi mengandung bahan berbahaya, bakteri, virus hingga jamur, karena proses pembuatannya yang asal-asalan. 

Berikut beberapa langkah untuk memastikan skincare yang Anda gunakan aman dari keterangan resmi MSGlow:

Baca juga : Inilah Rekomendasi Beberapa Klinik Kecantikan yang Bisa Jadi Pilihan  

1. Melakukan survei harga 

Harga produk yang terlalu rendah adalah salah satu ciri khas skincare palsu. Biasakan untuk mengecek harga produk standar di toko resmi sebelum membeli skincare.  

2. Mengecek barcode

Beberapa produsen produk perawatan kulit saat ini sudah lazim menempatkan barcode dan kode unik yang dapat dipindai. Jika produknya asli, situs resmi brand akan menampilkan informasi lengkap terkait produk. 

3. Meneliti kemasan, tanggal kedaluwarsa, dan label produk

Produk asli biasanya memiliki kemasan rapi dan kokoh, terutama produk premium. Mengetahui detail kemasan dari produk skincare yang kamu gunakan, penting untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Baca juga : MS Glow For Men Kembali Sponsori Tim MotoGP Gresii Racing team 

Lakukan cross check melalui foto yang ada di media sosial resmi. Jika terlihat ringkih, dengan kesalahan eja dan sticker yang ditempel asal, bisa jadi produk palsu. 

Produk palsu biasanya tidak memiliki keterangan kedaluwarsa dan informasi tentang komposisi produk. 

Tanggal kedaluwarsa ditentukan melalui serangkaian tes dan uji coba untuk mengukur keamanan dan ditetapkan saat pengembangan produk. Walau terlihat sederhana, tanggal kedaluwarsa menunjukkan kalau produsen serius dalam memahami kondisi mikrobiologi, kimia juga kualitas bahan baku serta proses produksi suatu produk. 

Baca juga : Dengan Perawatan Kulit Rutin, Pesona Kecantikan BCL Tetap Terjaga

4. Mengecek nomor BPOM 

Saat akhirnya produk skincare diterima, cobalah untuk mengecek nomor BPOM yang tertera di bagian belakang atau bawah kemasan. Biasanya, nomor BPOM terdiri dari dua huruf dan diikuti 11 angka. 

Masukkan nomor tersebut ke situs resmi BPOM di cekbpom.pom.go.id dan pastikan produk terdaftar dengan benar. 

Sebaiknya hindari produk yang tidak terdaftar di BPOM karena kandungan bahan dan dosisnya tidak terjamin aman, seperti merkuri dan hydroquinone berlebih yang berbahaya bagi kesehatan. 

Baca juga : Ini yang Dimaksud Skin Minimalism dan Manfaatnya

Skincare yang memiliki bahan aktif dan telah teruji resmi oleh BPOM terjamin kualitas bahan, pembuatan dan keamanannya.

5. Memperhatikan isi produk 

Saat dibuka, produk skincare yang baik biasanya memiliki tekstur yang homogen, tidak menggumpal, lembut, mudah diserap kulit dan memiliki aroma lembut. 

Warna produk juga tampak rata, berbeda dengan produk palsu yang biasanya terlihat pecah-pecah dan tidak alami--terlalu cerah atau pucat.

Baca juga : Lima Tips untuk Mengencangkan Kulit Wajah

6. Melakukan tes reaksi efek produk 

Sebelum mengaplikasikan skincare, disarankan untuk melakukan tes di belakang telinga, untuk memeriksa reaksi tubuh terhadap produk. 

Produk skincare palsu biasanya membuat kulit terasa panas, gatal, nyeri, hingga iritasi dan mengelupas. 

Efek samping akibat skincare palsu, harus segera ditangani oleh dokter kulit. Sementara itu, produk asli yang berkualitas umumnya sudah lolos uji klinis sehingga aman untuk digunakan. 

Baca juga : Ingin Kulit Selalu Sehat? Ini Cara Pakai Pelembap yang Tepat

Berangkat dari kepedulian atas derasnya arus informasi di zaman sekarang, sehingga kemungkinan bisa membuat masyarakat bingung dan bimbang, merek skincare local MS GLOW mengusung kampanye #AmanTerpercaya sejak awal 2024 dan kian dikuatkan pada momentum bulan Ramadan kali ini. 

"Sebagai pioneer skincare lokal di Indonesia, dinamika dalam perjalanan sudah pasti dialami oleh MS GLOW. Menjaga kepercayaan pelanggan dan masyarakat adalah hal utama yang wajib kami jaga, dan kerap pentuh tantangan," ungkap  founder MS GLOW, Shandy Purnamasari. 

"Sejak 2018, MS GLOW menjunjung tinggi keamanan produk sehingga selalu mengimbau pelanggan untuk terus waspada dan berhati-hati ketika membeli produk," lanjutnya. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat