visitaaponce.com

Depok Dukung Wacana Pemprov DKI Untuk Bersinergi Kendalikan Inflasi

Depok Dukung Wacana Pemprov DKI Untuk Bersinergi Kendalikan Inflasi
Sekretaris Kota Depok Supian Suri.(MI/Kisar Rajagukguk)

PEMERINTAH Kota Depok, Jawa Barat mendukung langkah Pemprov DKI yang berniat melibatkan kota-kota penyangga Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), sebagai upaya mengendalikan inflasi.

Cara tersebut dianggap efektif untuk memperkuat langkah koordinasi dalam pengendalian inflasi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan lainnya.

"Kami (Pemerintah Kota Depok) mendukung Pemprov DKI Jakarta yang ingin mengadakan kerja sama dengan kawasan sekitarnya. Kami menyambut baik ajakan kolaborasi tersebut, " kata Sekretaris Kota Depok Supian Suri, Sabtu (25/2), menanggapi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Selama ini, lanjut Supian Suri, permasalahan inflasi menjadi pemasalahan utama, karena Pemprov DKI tak bisa menyelesaikan sendiri permasalahan tersebut.

Sementara, lanjut dia, pemerintah daerah di kawasan penyangga merupakan daerah yang tak terpisahkan, sehingga Pemprov DKI harus segera mengadakan pembicaraan dengan kota-kota penyangga Bodetabek perihal pengendalian inflasi.

"Karena sejatinya, hampir tidak ada batas (sekat) antara DKI jakarta dan Kota Depok, seiring dengan perkembangan permukiman dan jaringan transportasi yang menyangga wilayah DKI Jakarta, menyebabkan laju inflasi Kota Depok turut dipengaruhi oleh laju kenaikan harga barang dan jasa terutama jasa angkutan dalam dan luar kota," ungkap dia.

Saat ini Kota Depok seperti halnya daerah lain di jabodetabek juga telah melakukan upaya-upaya pengendalian laju inflasi.

"Sebagaimana telah diamanatkan oleh Bapak Presiden RI, bahwa kerjasama antar daerah sangatlah penting dalam pengendalian inflasi karena terdapat sentra produksi dan distribusi yang berbeda," bebernya.

Oleh sebab itu, lanjutnya upaya pengendalian inflasi akan lebih efektif apabila dikerjakan secara kolaboratif oleh daerah-daerah yang ada di wilayah Jabodetabek. "Hal ini sejalan dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, " imbuhnya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut Pemprov DKI akan menggandeng kota-kota penyangga DKI Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), sebagai upaya mengendalikan inflasi.

"Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengadakan pertemuan khusus dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terkait penanganan inflasi, " ucapnya. (OL-13)

Baca Juga: Relawan Sandiaga Uno Gelar Bazar Sembako Murah di Jakarta Barat

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat