visitaaponce.com

Banjir di Tegal Alur, Jakarta, Bertahan 24 Jam, 33 Warga Masih Mengungsi

Banjir di Tegal Alur, Jakarta, Bertahan 24 Jam, 33 Warga Masih Mengungsi
Banjir di kawasan RW 02, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.(ANTARA/Walda/am)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat per 25 Februari hingga pukul 12.00 WIB masih terdapat 9 RT dan satu ruas jalan terendam banjir.

Dari data BPBD DKI Jakarta, sebanyak 5 RT yang terendam banjir tersebut ada di Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat yang sudah bertahan selama 24 jam. Banjir diakibatkan curah hujan intensitas lebat yang terjadi sejak tiga hari terakhir.

"Menurut informasi BMKG, tercatat hujan dengan intensitas sangat lebat terjadi di sekitar wilayah Muara Angke (101 mm) yang menyebabkan genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta," ungkap Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Sabtu (25/2).

Baca juga: BPBD: 55 RT di Wilayah Jakarta Terendam Banjir

Adapun data wilayah terdampak yang masih tergenang selain Tegal Alur, Jakbar, yakni Jakarta Utara terdapat 1 RT yang terdiri dari Kelurahan Marunda dengan ketinggian 10cm.

Kemudian, Jakarta Timur terdapat 3 RT yang tergenang di Kelurahan Cililitan (1 RT) dengan ketinggian 50cm dan Kelurahan Cawang (2 RT) dengan ketinggian 60cm. Banjir di kedua wilayah ini tidak hanya disebabkan curah hujan tetapi juga karena luapan Kali Ciliwung.

Jalan tergenang terdapat di Jl. Sungai Begog, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, dengan ketinggian 30 cm.

Terdapat pengungsi di Kelurahan Tegal Alur yakni sebanyak 10 KK atau 33 orang yang tersebar di Rusinawa Binaan Kembangan Utara, Mushola Muslimin Kedaung Kaliangke, dan Mushola At Taubah.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

BPBD DKI Jakarta memberikan bantuan berupa Air Mineral 8 dus, Makanan Siap Saji 80 box, Selimut 40 pcs, Mukena 20 pcs, Sarung 20 pcs, Matras 40 pcs, Family Kit 24 paket, Kids ware 16 paket, Paket Sandang 24 dus, Paket Kebersihan keluarga 12 pcs ke lokasi pengungsian. (Put/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat