visitaaponce.com

Persiapkan Layanan Mudik Dengan Baik, Okupansi Kereta Hampir Penuh

Persiapkan Layanan Mudik Dengan Baik, Okupansi Kereta Hampir Penuh
Suasan hilirmudik Para calon penumpang Kereta Api pada liburan Natal dan Tahuin Baru 2023 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (23/12).(MI/ Moh Irfan)

PT KERETA Api Indonesia (KAI) berkomitmen mempersiapkan layanan sebaik mungkin, khususnya pada masa mudik lebaran 2023. Hingga Rabu (8/3) tiket KA jarak menengah/jauh pada masa mudik lebaran 2023 terjual 299.782 tiket. 

“KAI berkomitmen mejaga kebersihan di area stasiun dan di atas kereta api, memperindah stasiun-stasiun dengan melakukan penghijauan agar ruang tunggu jauh lebih nyaman. KAI juga secara konsisten menghadirkan beragam inovasi seperti face recognition serta integrasi layanan KAI Access dengan SatuSehat agar mempermudah proses boarding,” ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi, Rabu (8/3).

Didiek mengatakan, pihaknya memprediksi penumpang kereta api saat musim mudik Lebaran 2023 akan mengalami lonjakan. Hal ini terjadi seiiring membaiknya penanganan wabah covid-19. Apalagi kini berbagai pembatasan mobilitas yang dilakukan pemerintah telah dibuka.

Baca juga: KAI Inspeksi Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran

“Masa mudik lebaran dan persiapan angkutan lebaran merupakan momentum di mana seluruh Insan KAI akan memberikan kinerja terbaik, hal tersebut kami upayakan agar kereta api tetap menjadi pilihan favorit masyarakat saat mudik Lebaran,” kata Didiek.

Berdasarkan pantauan pada Rabu (8/3) pagi, sekitar pukul 08.30 WIB, tiket KA jarak menengah dan jauh pada masa mudik lebaran 2023 sudah terjual 299.782 tiket atau sekitar 26,5 % dari total keseluruhan tiket yang disediakan sebanyak 1.129.389 tiket. Tiket ini terjual untuk keberangkatan KA pada periode 12 April hingga 22 April 2023.

Baca juga: Jelang Lebaran, 250 Ribu Tiket Kereta Jarak Jauh Ludes Terjual

“Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung,” imbuh dia.

Adapun, relasi terfavorit sejauh ini yaitu dari arah Jakarta dan Jawa Barat menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur atau. Adapun perjalanan KA yg masuk 5 Besar dalam okupansi yang telah dipesan di antaranya, KA Airlangga sebesar 87,40%, KA Kahuripan sebesar 81,85%, KA Bengawan sebesar 80,57%, KA Sritanjung sebesar 57,69% dan KA Fajar Utama Solo sebesar  50,91%.

Sementara okupansi penumpang berdasarkan tanggal keberangkatan paling diminati di antaranya 20 April sebesar 50%, 21 April 47% dan 19 April 43%. 

“KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia,” tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat