visitaaponce.com

Arus Mudik di Depok Diprediksi Mulai H-10 Lebaran

Arus Mudik di Depok Diprediksi Mulai H-10 Lebaran
Suasana sepi Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/1/2021) ketika masih dihantam pandemi covid-19.(ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA)

TERMINAL Jatijajar, Depok, Jawa Barat diperkirakan bakal mulai dipadati pemudik H-10 Lebaran. Hal tersebut disampaikan Kepala Terminal Jatijajar Kota Depok Asri Immanuel Sinuraya, Senin (10/4).

"Sudah mulai terlihat (pemudik di Terminal Jatijajar), namun kepadatannya belum terlalu signifikan. Kepadatan itu karena ada libur rangkaian Jumat Agung hingga Paskah," kata Asri.

Biasanya jumlah penumpang di Terminal Jatijajar mencapai 300-400 orang per hari. Namun, saat libur nasional pekan lalu, sempat mencapai 700-750 orang.

Baca juga: Mudik Lebaran 2023, Ratusan Orang Diberangkatkan dari Terminal Jatijajar Depok

"Biasanya H-10 hingga H-3 itu mulai ramainya (pemudik)," kata Asri.

Terkait kesiapan armada, menurut Asri, pihaknya sudah melakukan ramp chek untuk bus yang dijadikan angkutan Lebaran. "Dari 94 bus yang dilakukan ramp chek, sebanyak 50% dinyatakan tidak lulus," ujarnya.

Ia menambahkan sejumlah armada tidak lulus uji karena sejumlah faktor, mulai lampu rem dan sign mati, masalah di sabuk pengaman sopir, hingga kaca retak.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, 553 Bus Tiba di Terminal Jatijajar Kota Depok

Lebih lanjut, Asri meminta perusahaan otobus (PO) untuk memperbaiki komponen yang rusak atau mati. Jika telah dilakukan perbaikan, akan dilakukan penempelan stiker tanda laik jalan.

"Ini untuk memastikan pengujian persyaratan teknis dan laik jalan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti pada UU 22/2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, " ucapnya (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat