visitaaponce.com

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Perintahkan Ferdy Sambo Tetap Ditahan

PENGADILAN Tinggi DKI Jakarta menguatkan putusan PN Jakarta Selatan terhadap terdakwa Ferdy Sambo dalam perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat. Ferdy Sambo tetap dihukum mati.

Hal tersebut dinyatakan oleh hakim agung Singgih Budi Prakoso dalam amar putusan yang dibacakan pada persidangan banding yang berlangsung di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Rabu (12/4).

Dalam amar putusannya Singgih juga menyatakan agar Sambo tetap di dalam tahanan "Menetapkan terdakwa tetap dalam tahanan," timpalnya.

Baca juga : Vonis Mati Ferdy Sambo Untuk Efek Jera

Putusan Pengadilan Tinggi menguatkan putusan PN Jakarta Selatan nomor 796/pit B/2022/pn Jakarta Selatan tertanggal 13 februari 2023. Ferdy Sambo divonis hukuman mati pada tingkat pertama sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Mantan Kadiv Propam Polri itu terbukti melakukan perencanaan dan pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Buntut vonis mati tersebut, Ferdy Sambo mengajukan banding karena tidak terima dengan vonis pidana mati yang dijatuhkan atas dirinya. Vonis ini lebih berat dari tuntutan jaksa yang menuntut Sambo dengan hukuman pidana seumur hidup. Selain Sambo, vonis banding juga diajukan oleh tiga terdakwa lainnya, yakni Putri Candrawathi (PC), Kuat Maruf (KM), dan Ricky Rizal (RR).

Baca juga : Ferdy Sambo Tetap Dihukum Mati

Diketahui, Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana mati, Putri Candrawathi divonis 20 tahun penjara, Kuat Ma'ruf divonis 15 tahun penjara dan Ricky Rizal divonis 13 tahun penjara. Sedangkan Richard dijatuhi vonis hukuman satu tahun enam bulan kurungan penjara.

Mereka dinilai telah melanggar Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) juncto Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP. Khusus untuk Sambo, ia juga dinyatakan bersalah melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 Undang-Undang No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat