visitaaponce.com

Tilang Manual Diadakan Lagi, Polisi Fokus Wilayah Non Kamera ETLE

Tilang Manual Diadakan Lagi, Polisi Fokus Wilayah Non Kamera ETLE
Perangkat kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).(MI/Susanto)

Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya kembali menerapkan tilang manual di seluruh ruas jalan raya di Ibukota DKI Jakarta. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhonny Eka mengatakan adapun alasan diberlakukan tilang manual yakni banyak pelanggar yang tidak tercover kamera CCTV Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Sekarang kan banyak melanggar atau yang tidak tercover oleh e-TLE. Atau yang membahayakan pengendara baik dirinya atau orang lain. Kalau tidak ada e-TLE kan bisa dilakukan penindakan manual," ujarnya kepada awak media, Senin (15/5).

Menurutnya, lokasi yang tidak dijangkau oleh kamera ETLE akan menjadi lokasi penilangan manual yang akan dimaksmimalkan kepolian untuk penertiban.

Baca juga: Polda Metro Jaya akan Pasang ETLE di Jalan Layan Non Tol Casablanca

"Ini untuk meningkatkan ketertiban masyarakat, kalau kita lakukan di lapangan yang melanggar kita lakukan penindakan secara tilang manual," jelasnya.

Meski meningkat secara pendataan tilang melalui ETLE, namun fokus kepolisian adakan tilang manual kembali salah taunya untuk yang kebut kebutan dan tidak memakai helm hingga melawan arus

"Kita akan berlakukan tilang manual," pungkasnya.

Baca juga: Ini 25 Titik Kawasan Ganjil Genap Jakarta, Pendatang Baru Wajib Hapal

Sebelumnya, keputusan untuk mengembalikan sistem tilang manual ini diperintahkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diedarkan melalui surat telegram pada 12 April 2023 lalu. 

Alasan kembali diberlakukan tilang manual ini karena sistem ETLE belum bisa menjangkau seluruh titik ruas jalan untuk memperhatikan setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara, khususnya kendaraan bermotor.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat