visitaaponce.com

Masuk Musim Hujan, Synthesis Rencanakan Penanggulangan Banjir Aksara Homes Ciputat

Masuk Musim Hujan, Synthesis Rencanakan Penanggulangan Banjir Aksara Homes Ciputat
Synthesis kurangi dampak banji di sekitar komplek Aksara Homes, Ciputat(Ist)

SYNTHESIS Development merencanakan untuk mengurangi risiko banjir di proyek perumahan Aksara Homes yang berada di daerah Ciputat, Tangerang Selatan. Hal ini dilakukan dengan melakukan observasi lapangan pada saluran air yang ada di sekitar komplek perumahan Aksara Homes. 

“Kami melakukan observasi lapangan di aliran kali dan juga menganalisa aksi Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mengurangi risiko banjir. Kami segera melakukan langkah awal dengan mengamati saluran air yang ada di sekitar perumahan Inhutani pada Jumat lalu (27/10). Dengan begitu kami mengetahui lahan yang ada di sekitar bantaran kali dan kondisi saat ini yang mana akan kami rencanakan untuk ditangani,” ungkap Corporate Marketing General Manager Synthesis Developmen  Roymax Marihot Pandapotan dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (6/10).

Ia menjelaskan, tidam hanya di proyek Aksara Homes namun di sekitar komplek perumahan Inhutani untuk mengantisipasi potensi banjir.

Baca juga: Tidak Difungsikan di Musim Hujan, Pemilik Gedung Tetap Wajib Punya Water Mist

 

Observasi yang dilakukan oleh Synthesis Development salah satunya adalah mengamati Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam melakukan pencegahan banjir. Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang sudah melakukan upaya menanggulangi banjir dengan membersihkan dan membangun turap di beberapa titik aliran yang mengalir pada kali Ciputat. 

Tujuannya untuk mengetahui langkah-langkah yang efektif dan bisa menyesuaikan lingkungan aliran kali di daerah tersebut untuk skala yang lebih kecil khusus di sekitar proyek perumahan Aksara Homes dan Komplek perumahan Inhutani.

Baca juga: Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Kerahkan Pasukan Oranye dan Pompa Air
 
“Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan pihak keamanan perumahan Inhutani terkait lingkungan aliran sungai di sekitar pada saat observasi lapangan. Rencananya kami akan melakukan normalisasi terhadap aliran kali secara menyeluruh di beberapa titik saluran air, rencananya dimulai dengan membersihkan saluran air  dalam beberapa hari berturut-turut dan beberapa upaya lainnya sedang tahap diskusi. Karena dedikasi kami untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bukan hanya pihak internal namun juga pihak eksternal,” tambah Roymax.

Pihak Perumahan Komplek Inhutani sudah melakukan diskusi bersama Synthesis Development dalam menciptakan harmonis dan hubungan yang dibina dengan kepedulian lingkungan. Dipandu oleh Komeng, selaku Koordinator Keamanan Komplek Perumahan Inhutani menjelaskan beberapa cara mengurangi potensi banjir di sekitar kawasan proyek Aksara Home yang juga termasuk Komplek Perumahan Inhutani berdasarkan pengamatan dari koordinator keamanan.

“Perlu adanya tindakan normalisasi aliran kali dan selokan di sekitar perumahan, Dengan begitu bisa mengurangi potensi banjir di komplek ini. Hadirnya pihak Synthesis Development dalam membangun proyek perumahan Aksara Homes sudah melakukan diskusi dengan kami dan mulai melakukan upaya untuk mengurangi risiko banjir yang sangat bermanfaat bagi kami dan penghuni di komplek. Semoga rencana yang dilakukan oleh pihak Synthesis bisa berjalan dengan lancar,” jelas Komeng.
 
Berdasarkan pernyataan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada sekitar bulan November 2023 mulai memasuki musim penghujan. Meskipun cuaca tahun ini sedang dilanda musim panas berkepanjangan, namun Synthesis tetap melakukan upaya agar bisa menghindari permasalahan banjir di daerah tersebut. Synthesis Development turut serta membina hubungan baik kepada pihak eksternal dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kenyamanan bagi kedua belah pihak. Salah satunya melalui perencanaan mengurangi risiko banjir yang bermanfaat untuk jangka panjang.
 
“Rencana Synthesis Development untuk kurangi banjir di sekitar proyek Aksara Homes yang berada di dalam komplek adalah menekankan pentingnya pencegahan dan penangan yang efektif terhadap potensi banjir. Selain mengatasi potensi risiko banjir, kami juga berkoordinasi dengan pihak Inhutan untuk mempercantik area di sekitar komplek dan merapikan area di sekitar saluran air. Rencananya kami ingin menambahkan beberapa tanaman hias di sekitar jalur utama komplek Inhutani agar bisa menghidupkan suasana yang asri untuk memberikan kenyamanan bagi penghuni Aksara Homes dan juga Komplek Perumahan Inhutani.” tutup Roymax. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat